Strategi Dakwah pada Komunitas Samin di Kudus

Moh Rosyid

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk memahami strategi dakwah dan untuk memetakan apa saja yang dapat berperan sebagai da’i bagi komunitas Samin, serta mendalami kendala apa saja yang dialami da’i dalam berdakwah terhadap komunitas Samin di Kudus dengan menggunakan penelitian kualitatif dan data diperoleh dengan wawancara, observasi, serta telaah literatur dianalisis dengan secara deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi da’i  yang dilakukan dalam melakukan dakwah pada komunitas samin ada empat kegiatan dakwah yaitu tabligh dan taklim, Irsyad, Tathwir (pembangunan masyarakat), Tadbir (manajemen pemberdayaan masyarakat). (2) Komunitas Samin dalam memegangi ajaran Saminisme ada yang teguh dan ada yang tidak teguh. Bagi yang teguh, tetap beragama Adam, sedangkan yang tak teguh terjadi konversi menjadi muslim


Keywords


Manajemen; Dakwah; Samin

Full Text:

PDF

References


Asep, Muhyiddin, A. A. S. (2002). Metode Pengembangan Dakwah. Pustaka Setia.

Febriharini, M. P. (2016). Pelaksanaan Program e-KTP dalam Rangka Tertib Administrasi Kependudukan. Serat Acitya –Jurnal Ilmiah UNTAG Semarang, Vol. 5(No. 2), 17–30. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.56444/sa.v5i2.470

Hasudungan, M. (2020). Pengaturan Penyiaran Agama di Indonesia dalam Perspektif Keadilan Bermartabat. Jurnal Ilmu Hukum: ALETHEA, 4(1), 57–74. https://doi.org/10.24246/alethea.vol4.no1.p57-74

J. Arroisi, S. Badi, M. Perdana, et al. (2021). Problematika Aliran Kepercayaan dan Kebatinan sebagai Agama Asli Indonesia. Fikri; Jurnal Kajian Agama, Sosial dan Budaya, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.25217/jf.v6i2.1739

Kurniawan, B. (2017). Studi Islam dengan Pendekatan Filosofis. Saintifika Islamica: Jurnal Kajian Keislaman: Jurnal Kajian Keislaman, 2(02), 49–60.

Kurniyawan, M. D., Sultoni, S., & Sunandar, A. (2020). Manajemen Sekolah Ramah Anak. Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 3(2), 192–198. https://doi.org/10.17977/um027v3i22020p192

Pradnya, I. M. A. S. 2021. (2021). Eksistensi Aliran Kepercayaan Nusantara di Era Postmodern. Proseding seminar nasional Jurusan Brahmana Widya, 1(1).

Putra, M. A. (2016). Eksistensi Lembaga Negara dalam Penegakan Hak Asasi Manusia di Indonesia. FIAT JUSTISIA:Jurnal Ilmu Hukum, 9(3), 256–292. https://doi.org/10.25041/fiatjustisia.v9no3.600

Rasimin, Subqi, I. (2018). Kepemimpinan Kyai Politikus dalam Transformasi Kecerdasan Emosional santri di Ponpes Nurul Ulum Pemalang. Tahun, 1(2). https://doi.org/10.21043/politea.v1i2.4328

Rasimin Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis Kualitatif (I. Subqi (ed.); 1 ed.). Trussmedia Grafika.

Rika Dilawati, D. darwaman. (2020). Analisis Keberagamaan Pemuda Hijrah Komunitas SHIFT Perspektif EMIK-ETIK. Jurnal Perspektif, IV(1), 54–65. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jp.v4i1.61

Rosyid, M. (2021). Degradasi Identitas Komunitas Samin Studi Kasus di Kudus Jawa Tengah. Jo-DEST: Journal of Demografi, Etnografi, and Social Transformation, 1(1), 1–13.

Rosyid, Moh., & Kushidayati, L. (2020). Pelayanan Pendidikan Penghayat Sapta Darma Di Sekolah Formal: Studi Kasus Di Kudus. Jurnal Hukum Progresif, 8(1), 81–97. https://doi.org/10.14710/hp.8.1.81-97

Rosyid, Moh. (2014). Konsekuensi Pendidikan Bagi Pemeluk Agama Lokal. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(1), 89–112. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/edukasia.v9i1.766

Rosyid, Moh. (2020). Optimizing Da ’ wah from the Perspective of Da ’ wah Management : A Case Study of the ex- Samin Muallaf in Kudus, Central Java. 26(2), 270–303. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/albayan.v26i2.6846

Rusydi, I., & Zolehah, S. (2018). Makna Kerukunan Antar Umat Beragama dalam Konteks Keislaman dan Ke-Indonesian. Journal for Islamic Studies, 1(1), 170–181. https://doi.org/10.5281/zenodo.1161580

Sholakodin, A. F. (2021). Posisi Tawar PERMENDIKBUD Nomor 27 dan Urgensi Pendidikan Agama dalam Satuan Pendidikan. Edukasi: Jurnal Pendidikan, 13(2), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.31571/edukasi.v19i2.3001

Subqi, I. (2016). Pola Komunikasi Keagamaan dalam Membentuk Kepribadian Anak. Interdisciplinary Journal of Communication (Inject), 1(1), 165–180. doi: https://doi.org/10.18326/inject.v1i2.165-180

Subqi, I. (2020). Nilai-nilai Sosial-Religius dalam Tradisi Meron di Masyarakat Gunung Kendeng Kabupaten Pati. Heritage: Journal of Social Studies, 1(2), 171–184. https://doi.org/https://doi.org/10.35719/hrtg.v1i2.21

Syaputra, M. Y. A., & Nasution, M. (2019). Pemenuhan Hak Konstitusional Masyarakat Penganut Kepercayaan Lokal dalam Pemilihan Umum. Jurnal Yuridis, 6(2), 1–13.




DOI: https://doi.org/10.18326/imej.v4i1.93-110

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Islamic Management and Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2685-953X, e-ISSN: 2686-0317