Pemberdayaan Diri Melalui Wirausaha pada Mahasiswa Pemilik Bisnis Body Care

Annida Karimah Anandhi

Abstract


Penelitian  inibertujuan  untuk membahas  bagaimana  proses  pemberdayaan  diri yang dialami oleh individu melalui wirausaha. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif   dan   pendekatan deskriptifdengan   menggunakan   observasi,   kajian literatur dan wawancara sebagai instrumen. Dalam prosesnya, penulis menemukan bahwa salah satu dorongan atau motivasi bagi subjek untuk mulai berproses adalah kesadaran akan kondisi yang tidak berdaya, lalu proses menemukan potensi yang dimiliki  dan berusaha  untuk keluar  dari keadaan  tersebut  dengan  memanfaatkan potensi  yang  dimilikinya.  Salah  satu  penyebabsubjek  menjadi  tidak  berdaya  adalah faktor ekonomi.

Keywords


Pemberdayaan; Kewirausahaan; Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Agussani, A. (2020). Pemberdayaan Sosial Masyarakat Desa Melalui LifeSkill Yang Berbasis Kearifan Lokal. Kumpulan Penelitian dan Pengabdian …. http://publikasiilmiah.umsu.ac.id/index.php/publikasi-ilmiah/article/view/248

Farid, M. R. A. (2019). Peran Pemuda Majelis Pemberdayaan Masyarakat dalam Pendampingan Komunitas Pemulung di Tempat Pembuangan Sampah Terpadu. Islamic Management and Empowerment Journal, 1(2), 161–176. https://doi.org/10.18326/imej.v1i2.161-176

Lokot Zein Nasution. (2020). Analisis Efektivitas Pembiayaan Mikro Syariah Bagi Pemberdayaan Masyarakat Miskin: Studi Pada Koperasi Mitro Manindo Mandailing Natal. Maker: Jurnal Manajemen, 6(2), 117–133. https://doi.org/https://doi.org/10.37403/mjm.v6i2.188

Miranda, D. (2012). Pengembangan Diri Melalui Pemberdayaan Diri. Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 1(1), 78–88. https://doi.org/10.26418/jvip.v1i1.47

Nainggolan, D. Y. (2013). Pemberdayaan dan Pengembangan Wirausaha Perempuan Muda Pada Rumah Tangga Miskin di Kecamatan Medan Deli Kota Medan. Perspektif; Jurnal Ilmu Sosial-Fakultas ISIPOL UMA, 6(April), 14–29. https://doi.org/https://doi.org/10.31289/perspektif.v1i2.118

Oktavia, R. (2021). Enterpreneursip Syariah: Menggali Nilai-Nilai Dasar Etos Kerja Islami dalam Bisnis Rasulullah. Iqtisadie: Journal of Islamic Banking and Shariah Economy, 1, 256–275.

Prasetyo, I., & Saddewisasi, W. (2014). Pemberdayaan Ibu-Ibu Rumah Tangga Untuk Berwirausaha Tembalang Kota Semarang. Jurnal Riptek, 14(1), 60–64.

Rasimin Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian; Pendekatan Praktis Kualitatif (I. Subqi (ed.); 1 ed.). Trussmedia Grafika.

Ratno, F. A. (2020). Pengaruh kualitas pelayanan, harga, promosi, dan citra merek terhadap kepuasan pelanggan melalui keputusan pembelian. Equilibrium : Jurnl penelitian Pendidikan dan Ekonomi, 17(02), 1–15. https://doi.org/10.25134/equi.v17i02.ABSTRACT

Rudi saprudin Darwis, S. raisya saffana dkk. (2021). Mendorong Kewirausahaan Sosial dalam Pemberdayaan Masyarakat. Jurnal Pekerjaan Sosial, 4(2), 135–147. https://doi.org/https://doi.org/10.24198/focus.v4i2.37495

Subqi, I., Maftuh, H., & Alwi, M. (2021). Religious Behavior in Facing Policies for Handling the Covid-19 Outbreak Pandemic. DINIKA; Academic Journal of Islamic Studies, 6(1). https://doi.org/10.22515/dinika.v6i1.3554

Suwena, K. R. (2016). Pentingnya Penilaian Potensi Diri Wirausaha Sebagai Pondasi untuk Mensukseskan Program Mahasiswa Wirausaha (PMW). Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(2), 651–660. https://doi.org/10.23887/jish-undiksha.v4i2.6385

Yusriadi, S. Z. bin tahir dkk. (2020). Pengentasan Kimiskinan Melalui Socialpreneur. Wikrama Parahita: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(2). https://doi.org/https://doi.org/10.30656/jpmwp.v4i2.2529




DOI: https://doi.org/10.18326/imej.v3i2.%25p

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Islamic Management and Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2685-953X, e-ISSN: 2686-0317