Strategi dan Manajemen Dakwah Masa Pandemi Covid-19 Masyarakat Madura

Uswatun Hasanah, Nikmawati Nikmawati

Abstract


Penelitian ini akan melihat bagaimana strategi dan manajemen  dakwah masyarakat Madura pada masa pandemic. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa strategi dan manajemen  dakwah masyarakat madura pertama adalah dengan carat atap muka atau luring, dakwah dilakukan sebagaimana biasa dengan yakni dilakukan dalam satu majelis yang kedua adalah dengan cara daring atau online. Masing-masing strategi dan manajemen  memiliki alasan pertama adakah hanya beberapa daerah yang masuk dalam zona merah, yang kedua adalah sebagian besar masyarakat Madura masih belum melek teknologi dan media sosial, mereka lebih banyak pasrah dan ikhlas dengan pancemi covid-19. Sementara alasan dilakukannya dakwah dengan cara daring/oneline adalah pertama karena kiai-kiai Madura tidak dapat menghadiri undangan dari luar Madura sementara mereka memiliki jama’ah di luar Madura. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, studi lapangan data-data diperoleh melalui tiga cara yakni wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan objek penelitian ini adalah 3 majelis ta’lim yang ada di kabupaten Sumenep yang mewakili Madura pada umumnya.Penelitian ini akan melihat bagaimana strategi dan manajemen  dakwah masyarakat Madura pada masa pandemic. Hasil penelitian ini bahwa strategi dan manajemen  dakwah masyarakat madura pertama adalah dengan carat atap muka, dakwah dilakukan sebagaimana biasa dengan yakni dilakukan dalam satu majelis yang kedua adalah dengan cara online. alasan pertama adakah hanya beberapa daerah yang masuk dalam zona merah, yang kedua adalah sebagian besar masyarakat Madura masih belum melek teknologi dan media social. Sementara alasan dilakukannya dakwah dengan cara daring/oneline adalah pertama karena kiai-kiai Madura tidak dapat menghadiri undangan dari luar Madura sementara mereka memiliki jama’ah di luar Madura. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif, studi lapangan data-data diperoleh melalui tiga cara yakni wawancara, dokumentasi dan observasi. Sedangkan objek penelitian ini adalah 3 majelis ta’lim yang ada di kabupaten Sumenep yang mewakili Madura pada umumnya

Keywords


metode dakwah; strategi dakwah; covid-19

Full Text:

PDF

References


Abzar, M. (2015). Strategi Dakwah Masa Kini (Beberapa Langkah Strategis Pemecahan Problematika Dakwah). Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 17(1), 37–52.

Akhmad, F. (2020). Walisongo Sebagai Fakta Sejarah Islam Nusantara. Al-Munqidz: Jurnal Kajian Keislaman, 8(2), 252–272.

Aziz, M. A. (2009). Ilmu Dakwah. Kencana.

Baidowi, A., & Salehudin, M. (2021). Strategi Dakwah di Era New Normal. Muttaqien; Indonesian Journal of Multidiciplinary Islamic Studies, 2(1), 58–74.

Bakti, A. F., & Meidasari, V. E. (2014). Trendsetter Komunikasi Di Era Digital: Tantangan Dan Peluang Pendidikan Komunikasi dan Penyiaran Islam. Jurnal Komunikasi Islam, 4(1), 20–44.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (1996). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.

Effendy, O. U. (2007). Ilmu Komunikasi. Rosda.

Harahap, S. R. (2020). Proses Interaksi Sosial Di Tengah Pandemi Virus Covid 19. AL-HIKMAH: Media Dakwah, Komunikasi, Sosial Dan Budaya, 11(1), 45–53.

Harimurti, S. M. (2015). Seni Pada Masa Pemerintahan Dinasti Abbasiyah Tahun 711-950 Masehi. Jurnal Kajian Seni, 1(2), 194–204.

Hidayati, D. L., & Fahlevi, R. (2020). Dakwah di Tengah Pandemi (Studi terhadap Respons Dai di Media Sosial). Lentera: Jurnal Ilmu Dakwah Dan Komunikasi, 4(2), 170–186.

Hootsuite. (2020). Hootsuite (We are Social): Indonesian Digital Report 2020.

Muchtarom. (1996). Dasar-Dasar Manajemen Dakwah. Al-Amin Press.

Munir, M., & Ilaihi, W. (2012). Manajemen Dakwah. Kencana Prenada Media Group.

Omar, T. Y. (2004). Islam dan Dakwah. Zakia Islam Press.

Ritonga, M. (2019). Komunikasi Dakwah Zaman Milenial. Jurnal Komunikasi Islam Dan Kehumasan, 3(1), 60–77.

Sadly, E. (2018). Manajemen Dakwah Media Sosial: Telaah Terhadap Perkembangan Metode Dakwah Islam. Jurnal Riset Manajemen & Bisnis (JRMB), 3(2).

Shaleh, R. (1977). Manajemen Dakwah Islam. Bulan Bintang.

Shihab, M. Q. (1992). Membumikan Al-Qur’an. Mizan.

Tanjung, E. (2021, June). Ulama Madura Ajak Warga Taati Penanganan Covid-19 di Suramadu. Suarajatim.Id.

Ulfah, N. M. (2017). Strategi dan Managemen Dakwah Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) Kecamatan Tugu Kota Semarang. Jurnal Ilmu Dakwah, 35(2), 207–224.

Wibowo, A. (2019). Penggunaan Media Sosial Sebagai Trend Media Dakwah Pendidikan Islam Di Era Digital. Jurnal Islam Nusantara, 3(2), 339–356.




DOI: https://doi.org/10.18326/imej.v3i1.49-62

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Islamic Management and Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2685-953X, e-ISSN: 2686-0317