Strategi Pengelolaan SDM Lembaga Bisnis Syariah melalui Kinerja Karyawan

Saifudin Saifudin, Dyah Kusumawati

Abstract


Tujuan paper ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja karyawan dalam praktik pengelolaan sumber daya manusia (SDM) perbankan syariah. Pengujian model regresi menggunakan SPSS. Variabel independen dalam penelitian ini adalah pelatihan, pemberdayaan, orientasi pelayanan, dan penghargaan yang diuji pengaruhnya terhadap kinerja karyawan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelatihan dan pemberdayaan tidak berpengaruh terhadap kinerja karyawan, sedangkan orientasi pelayanan dan penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan.


Keywords


pelatihan; pemberdayaan; orientasi pelayanan; penghargaan; kinerja karyawan

Full Text:

PDF

References


Bakar, A., Raida, et al. (2008). How We Do Things Around Here: Implications of Corporate Culture on Job Performance. The Business Review, Cambridge, Vol. 9, No.2.

Adhinugroho., Wibowo, E. (2015). Praktek Pengelolan Sumber Daya Manusia Terhadap Kinerja Pelayanan Melalui Kepuasan Kerja pada maskapai Penerbangan Komersial di Indonesia.Jurnal Manajemen dan Pemasaran Jasa, Vol.8, No.2.

Deanly M. H, et al. (2013). Pengaruh Penghargaan (Reward) Terhadap Kinerja Karyawan Best Western Lagoon Manado.E-Jurnal Adminstrasi Bisnis Universitas Sam Ratulangi, hal.84-88.

Dessler, G. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kesepuluh. Jakarta Barat: PT Indeks.

Edirisooriya, W.A. (2014). Impact of Rewards on Employee Performance: with Special Reference to ElctriCo.International Conference on Management and Economics.

Felisita. (2016). Pengaruh Pelatihan, Pengembangan, Kompensasi dan Motivasi Terhadap Kinerja Karyawan (Studi Kasus pada Karyawan Administrasi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Skripsi. Fakultas Ekonomi Program Studi Manajemen.

Hasibuan, M. Sp. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Revisi, Cetakan KeTiga Belas. Jakarta: Bumi Aksara.

Mahardiani. (2004). Faktor-faktor Yang Berpengaruh Terhadap Pemberdayaan Karyawan di RS Roemani Semarang. Tesis. Semarang: Program Pascasarjana UNDIP.

Mangkunegara.,Prabu, A. (2009). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Edisi Kesembilan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mondy, R. W. (2008). Human Resource Management. Di alih bahasa oleh Bayu Airlangga, M.M. Edisi Kesepuluh.PT Gelora Aksara Pratama.

Rod, et al. (2010). Management Commitment to Service Recovery Performance: A Study of Frontline Employeesn in Public and Private Hospitalsin New Zealand. International Journal of Pharmaceutical an Healthcare Marketing, Vol.4, No.1.

Sadili, S. (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: Pustaka Setia.

Sajuyigbe, A. S., et al. (2013). Impact of Reward On Employees Performance In A SelectedManufacturing Companies InIbadan, Oyo State, Nigeria. International Journal of Arts and Commerce. Vol. 2 (2): pp 27-32.

Schneider, et al. (1992). “A Framework for Analyzing Customer Service Organizations in Manufacturing”, Academy of Management Review, page 75-95.

Sedarmayanti. (2007). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi dan Manajemen Pegawai Negeri Sipil. Badung: Refika Aditama.

Simamora, H. (1999). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Kedua. Yogyakarta. STIE YKPN.

Snell, et al. (2010). Principles of Human Resource. Management,15th ed. Mason, OH: South Western – Cengage Learning.

Suryadewi, et al. (2014). Pengaruh Pemberdayaan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bali Segara Nusantara.Jurnal Pendidikan Ekonomi UDIKSHA Vol: 4 No: 1 Hal.1-11.

Triasmoko, et al; Gunawan Eko Nurtjahjono. (2014). Pengaruh Pelatihan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan, Penelitian pada Karyawan PT Pos Indonesia (Persero) Cabang Kota Kediri. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 12 No. 1 Juli 2014 Hal.1-10.

Wibowo. (2007). Manajemen Kinerja. Yogyakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Wirawan. (2009). Evaluasi Kinerja Sumber DayaManusia. Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat

Yuniawan, A. (2011). Evaluasi Orientasi Layanan Sebagai Bagian dari Budaya Organisasi dan Efeknya Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. Vol.13, No.1, Maret 2011: 46-60.

Masriadi (2019). Kasus Pencurian di Bank Syariah Mandiri Terungkap, Pelakunya Karyawan Sendiri. Retrieved from https://regional.kompas.com/read/2019/07/01/08170921/kasus-pencurian-di-bank-syariah-mandiri-terungkap-pelakunya-karyawan-sendiri.




DOI: https://doi.org/10.18326/imej.v2i2.203-214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Islamic Management and Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2685-953X, e-ISSN: 2686-0317