Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyelenggaraan PAUD Unggulan KB Kartini Undaan Kidul Kudus di Masa Pandemi Covid-19
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berbagai program pemberdayaan masyarakat yang telah dilakukan PAUD Unggulan KB Kartini Undaan Kidul Kudus di masa pandemi covid-19. Jenis penelitian ini adalah Field Research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pemberdayaan masyarakat di masa pandemic covid-19 ini sangat diperlukan. Hal ini dikarenakan pemerintah telah memberlakukan social distancing untuk mengurangi persebaran virus corona di tengah masyarakat. Implikasinya adalah masyarakat banyak kehilangan mata pencaharian karena dilarang keluar rumah, begitu juga para pelajar diminta belajar dari rumah. PAUD Unggulan KB Kartini Undaan Kidul Kudus memiliki program pemberdayaan masyarakat khususnya orang tua wali murid dimasa pandemic covid-19 ini diantaranya sebagai berikut: (1) pemberdayaan masyarakat di bidang pendidikan (2) bidang wawasan berfikir (3) ekonomi (4) mental spiritual dan (5) bidang kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Budastra, I Ketut. 2020. “Dampak Sosial Ekonomi Covid-19 dan Program Potensial Untuk Penanganannya: Studi kasus di Kabupaten Lombok Barat”. Jurnal Agrimansion: Agribisnis Manajemen and Axstension. vol. 21 No. 1: 48-57
Hadiyanti, Puji. 2011. “Penerapan Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Keterampilan Produktif di PKBM Rawasari “. Jurnal Ilmiah Visi vol. 6 (2): 123-135
Hermawan, Agus. 2019. “Kebijakan Dosen Mengurangi Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa" IJIP: Indonesian Joournal of Islamic Psycology 1 (2): DOI: 10.18326/ijip.v1i2.264–284. https://e journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/ijip/article/view/3821.
Hermawan, Agus. 2020. Suara Kartini. Kelompok Bermain Kartini edisi III.KBK.15.06.2020
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., Wijayanti, L. M., Choi, C. H., & Putri, R. S. 2020. Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2 (1), 1–12. https://ummaspul.e- journal.id/Edupsycouns/article/view/397
Qomar, M. 2012. Kesadaran Pendidikan Sebuah Penentu Keberhasilan Pendidikan. Ar-Ruzz Media.
Susilo, Adityo, C Martin Rumende, Ceva W Pitoyo, Widayat Djoko Santoso, Mira Yulianti, Robert Sinto, Gurmeet Singh, et al. 2020. “Coronavirus Disease 2019 : Tinjauan Literatur Terkini Coronavirus Disease 2019 : Review of Current Literatures.” Jurnal Penyakit Dalam Indonesia 7 (1): 45–67.
http://jurnalpenyakitdalam.ui.ac.id/index.pdp/jpdi/article/view/415.
Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Beroriontasi Konstruktivistik. Prestasi Pustaka.
Yuliana. 2020. “Corona Virus Diseases (Covid -19); Sebuah Tinjauan Literatur.” Wellness and Healthy Magazine 2 (1): 187–92.
https://wellness.journalpress.id/wellness/article/view/v1i218wh
Yurianto, Akhmad. 2020. BNPB. Compas.Com diakses 4 juli
https://nasional.kompas.com/read/2020/07/04/15430201/update-4-juli-tambah-1447-total-ada-62142-kasus-covid-19-di-indonesia
DOI: https://doi.org/10.18326/imej.v2i1.67-80
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Islamic Management and Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
p-ISSN: 2685-953X, e-ISSN: 2686-0317