Pola Asuh Pesantren Al-Mafaza Berbasis Kesejahteraan Sosial Anak di Banguntapan Bantul Yogyakarta

siswanto siswanto

Abstract


Pondok Pesantren Al-Mafaza adalah satu dari sekian pondok pesantren yang memberikan pelayanan sosial secara gratis kepada para santri, mulai dari tempat tinggal, pangan, pendidikan, perlindungan, kesejahteraan, dan kesehatan kepada santri. Tujuan penelitian ini ingin menjelaskan tentang standart pola asuh yang diterapkan pondok pesantren Al-Mafaza. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Adapun metode pengumpulan data dengan wawancara dan observasi dengan melibatkan diri secara aktif dalam berbagai kegiatan di pondok pesantren Al-Mafaza. Hasil penelitian menunjukkan pola asuh santri di Pondok Pesantren Al-Mafaza dilakukan peran pengasuh dalam mendidik dan mengarahkan santri agar menjadi pribadi yang baik dan berkarakter. Pola asuh yang diterapkan terhadap santri mendapatkan kesejahteraan sosial, perlindungan dan lingkungan yang sesuai dengan standar nasional pengasuhan anak berbasis lembaga kesejahteraan sosial anak (LKSA).


Keywords


Pola Asuh, Anak, Pesantern Al-Mafaza dan LKSA

Full Text:

PDF

References


Anak, T. L. (2017). Undang-Undang Perlindungan Anak.

Anshor, M. (2017). Memutus Rantai Ketidakadilan Global Care Dalam Pengasuhan Anak Tenaga Kerja Indonesia Perempuan: Studi Pengasuhan Anak TKI Perempuan pada Pesantren di Indramayu (Pertama). Yayasan Pustaka Obor Indonesia. http:://www.obor.or.id

Arikunto. (1998). Produser penelitian suatu pendekatan praktek. PT. Rineka Cipta.

Bashori. (2017). Modernisasi lembaga pendidikan pesantren. Ejournal.Stkip-Pgri-Sumbar.Ac.Id. https://doi.org/https://doi.org/10.22202/mamangan.1313

Dhofier, Z. (2007). Tradisi pesantren: Studi tentang pandangan hidup kyai. LP3ES.

Hasyim, H. (2015). Transformasi Pendidikan Islam (Konteks Pendidikan Pondok Pesantren). Jurnal.Upi.Edu, 13(1).

Huda, M. (2009). Pekerjaan sosial & kesejahteraan sosial: sebuah pengantar. Pustaka Pelajar.

Karimah, U. (2018). Pondok Pesantren dan Pendidikan: Relevansinya dalam Tujuan Pendidikan. MISYKAT: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah Dan Tarbiyah, 137. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33511/misykat.v3n1.137

Kompri. (2018). Manajemen dan Kepemimpinan Pondok Pesantren. Kencana Prenada.

Madjid, N. (2010). Bilik-Bilik Pesantren Sebuah Potret Perjalanan. Dian Rakyat.

Mahfudh. (2011). Pendidikan Sosial Keagamaan Dalam Buku Nuansa Fiqih Sosial. LKis.

Mahfudh, M. (2007). Pesantren Mencari Makna. Pustaka Ciganjur. http://www.lkis.co.id

Moesa, A. (2007). Nasionalisme Kiai; Konstruksi Sosial Berbasis Agama.

Moleong, L. (2005). metodologi penelitian kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Muhadi, Y. (2016). Mendidik Anak Berbasis Karakter dan Kepribadian.

Paturohman, I. (2012). Peran Pendidikan Pondok Pesantren Dalam Perbaikan Kondisi Keberagamaan Di Lingkungannya.(Studi Deskriptif Pada Pondok Pesantren Dar Al-Taubah. Jurnal.Upi.Edu.

Rimm, S. (2003). Mendidik dan menerapkan disiplin pada anak prasekolah: pola asuh anak masa kini.

Subhan, A. (2012). Lembaga Pendidikan Islam Indonesia: Abad Ke-20.

Syafe’, I., Islam, U., Raden, N., & Lampung, I. (2017). Pondok Pesantren: Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter. Jurnal Pendidikan Islam, 8.

Vanni, M. (2017). Lingkar Politik Pesantren Membaca Perubahan Situasi Dan Perilaku Politik Kiai Tahun 1971-2014. Mafia Press.

Wirjana, B. (2008). Mencapai masa depan yang cerah: pelayanan sosial yang berfokus pada anak.

Yusuf, A. (2017). Asesmen dan evaluasi pendidikan. KENCANA.

Zuhriy, S. (2011). Budaya Pesantren dan pendidikan Karakter Pada Pondok Pesantren Salaf. In journal.walisongo.ac.id (Vol. 19, Issue 2).




DOI: https://doi.org/10.18326/imej.v2i1.1-16

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Creative Commons License

Islamic Management and Empowerment Journal is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

p-ISSN: 2685-953X, e-ISSN: 2686-0317