Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru IAIN Surakarta Dalam Menempuh Pembelajaran Online di Tahun Pertama Perkuliahan Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Abstract
The transition from school to college during a pandemic has become more challenging. So that more self-adjustment skills are needed in order to adapt well to various demands in higher education. The research method used is qualitative with a descriptive analysis approach. Methods of data collection using interviews and documentation. Subjects were determined by purposive sampling technique. The results of research regarding the adjustment of new students personally show that they are responsible for their assignments. They try to manage their emotions well. In social adjustment they are able to establish social relationships, actively participate in organizations and engage in various activities. New students persist in attending online lectures, because there is support from their families.
Abstrak
Masa transisi dari sekolah ke perguruan tinggi di masa pandemi menjadi lebih menantang. Sehingga dibutuhkan kemampuan penyesuaian diri yang lebih agar dapat menyesuaikan diri dengan baik terhadap berbagai tuntutan di perguruan tinggi. Metode Penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif. Metode pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subjek ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian mengenai penyesuaian diri mahasiswa baru secara pribadi menunjukkan bahwa mereka bertanggung jawab terhadap tugasnya. Mereka berusaha mengelola emosinya dengan baik. Dalam penyesuaian sosial mereka mampu menjalin hubungan sosial, aktif mengikuti organisasi dan terlibat berbagai kegiatan. Mahasiswa baru bertahan mengikuti perkuliahan daring, karena ada dukungan dari keluarga.
Kata Kunci: masa transisi; penyesuaian diri; perkuliahan daring
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali,. & Asrori. (2015). Psikologi Remaja (Perkembangan Peserta Didik). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Apriani, R. (2017). Keefektifan Teknik Group Exercise Untuk Peningkatan Persistence Pada Remaja Akhir. Universitas Pendidikan Indonesia. http://repository.upi.edu/32017/
Astrini, A. (2011). Masa Orientasi dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Humaniora, 2(1), 452-458. https://doi.org/10.21512/humaniora.v2i1.3055
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Fatimah. (2010). Psikologi Perkembangan. Bandung: CV Pustaka Setia.
Ghufron, & Risnawita. (2010). Teori-teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n3.p496-503
Hartaji, R. D. A. (2009). Motivasi Berprestasi Pada Mahasiswa Yang Berkuliah Dengan Jurusan Pilihan Orang Tua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma. https://docplayer.info/34427591-Motivasi-berprestasi-pada-mahasiswa-yang-berkuliah-dengan-jurusan-pilihan-orang-tua.html
Hasanah, U., Ludiana, L., Immawati, I., & Livana, P. H. (2020). Psychological description of students in the learning process during pandemic COVID-19. Jurnal Keperawatan Jiwa (JKJ): Persatuan Perawat Nasional Indonesia, 8(3), 299-306. https://doi.org/10.26714/jkj.8.3.2020.299-306
Hurlock, E. (2010). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Hidup. In Erlangga.
Isdiyah, I., & Ernawati, E. (2021). Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa Semester Akhir IAIN Surakarta Di Tengah Pandemi Covid-19. Academic Journal of Psychology and Counseling, 2(1), 45–68. https://doi.org/10.22515/ajpc.v2i1.3478
Jong, M. D. (2018). Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Baru Asal Alor NTT Di Kota Malang. Psikologi UIN Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/13710/
Mahmudah, W. (2013). Hubungan Antara Gaya Kelekatan Dengan Penyesuaian Sosial Mahasiswa Baru Fakultas Psikologi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/1828/
Muslim, M. (2020). Manajemen stress pada masa pandemi covid-19. ESENSI: Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192-201. https://doi.org/10.55886/esensi.v23i2.205
Musthofa, M. (2020). Perilaku Over Protective Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Negeri 1 Wiradesa. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 242-266. https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.242-266
Nangkut, Y. R. S. (2018). Tingkat penyesuaian diri mahasiswa (studi deskriptif pada mahasiswa angkatan 2016 Fakultas Keguruan dan ilmu pendidikan universitas sanata dharma yang berasal dari NTT (Universitas Sanata Dharma). Universitas Sanata Dharma. https://repository. usd. ac. id/31390/2/141114018
Purwaningsih, S. (2019). Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy di Sekolah. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(1), 1-18. https://doi.org/10.18326/ijip.v1i1.1-18
Rahayu, M. N. M., & Arianti, R. (2020). Penyesuaian Mahasiswa Tahun Pertama di Perguruan Tinggi: Studi pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UKSW. Journal of Psychological Science and Profession, 4(2), 73-84. https://doi.org/10.24198/jpsp.v4i2.26681
Riyana, C. (2015). Produksi Bahan Pembelajaran Berbasis Online. Modul Pembelajaran Universitas Terbuka Tangerang Selatan, Penerbit Universitas Terbuka.
Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19: (Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). BIODIK, 6(2), 214-224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759
Santoso, B. (2012). Definisi, Peran Dan Fungsi Mahasiswa. Dikutip dari http://pamuncar.blogspot.com/2012/06/definisi-peran-dan-fungsi-mahasiswa.html
Semiun, Y. (2006). Kesehatan Mental 1. Yogyakarta: Kanisius.
Shidiq, U., & Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. Cetakan I. Nata Karya, Ponorogo.
Suhery, S., Putra, T. J., & Jasmalinda, J. (2020). Sosialisasi Penggunaan Aplikasi Zoom Meeting dan Google Classroom Pada Guru Di SDN 17 Mata Air Padang Selatan. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(3), 129–132. https://doi.org/10.47492/jip.v1i3.90
Sunarto., & Hartono. (2013). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Rineka Cipta.
Vani, E. (2016). Penyesuaian Diri Pada Mahasiswa Tahun Pertama Di Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta. http://eprints.ums.ac.id/48450/
Wirakesuma, R. A. (2021, January 6). Pengaruh Perkuliahan Dan Tugas Secara Daring Terhadap Mahasiswa. https://doi.org/10.31234/osf.io/9jfhr
DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v4i1.1-18
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.