Korelasi Antara Adiksi Game Online dengan Perilaku Empati pada Remaja di Kabupaten Semarang

Mukti Ali, Farikha Nazilatus Salamah

Abstract


The phenomenon of playing online games among teenagers is something that must be considered. Addiction to online games makes individuals do not care about interactions with people around them. Because individuals who have been addicted to online games are only focused on online games. As a result, the individual's feelings of empathy are not formed. The quantitative research method of correlation with online game addiction scale and empathy scale contains statements that are favorable and unfavorable. The sample in this study was 73 teenagers from Kalisari Hamlet. The results of the study showed that there was a moderate relationship between online game addiction and empathy in adolescents, which was indicated by a person correlation value of 0.462. This means that there is a significant relationship between online game addiction and empathy in adolescents with a moderate degree of correlation.

 

Abstrak

Fenomena bermain game online di kalangan remaja merupakan suatu hal yang harus di perhatikan. Kecanduan game online membuat individu menjadi tidak peduli dengan interaksi bersama orang disekitar. Sebab individu yang telah kecanduan game online hanya terfokus pada game online. Akibatnya perasaan empati individu tersebut tidak terbentuk. Metode penelitian kuantitatif korelasi dengan skala adiksi game online dan skala empati memuat pernyataan yang bersifat favourable dan unfavourable. Sampel dalam penelitian ini 73 remaja Dusun Kalisari. Hasil penelitian terdapat hubungan yang sedang antara adiksi game online dengan empati pada remaja yang ditunjukkan dengan nilai person correlation sebesar 0,462. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara adiksi game online dengan empati pada remaja dengan derajat hubungan berkorelasi sedang.


Keywords


online game addiction; empathy; teenager

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Arenggoasih, W. (2021). Ethics and Human Dignity as Communication of Javanese Family that Interfaith Religious Life. Psychology and Education Journal, 58(1), 5417-5429. DOI: https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1799

Angela. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (2), 532-544

Arikunto. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Azis, R. (2011). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Self Esteem Remaja Gamers di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.

Badriyah, L. (2013). Pengaruh Empati dan Self-Control Terhadap Agresivitas Remaja SMA Negeri 03 Kota Tanggerang Selatan. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3), 211-219. DOI:10.29210/127200

Goleman, D. (2007). Emotional Intellegence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakata: Erlangga

Indrawan, Rully. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Surabaya: Refika Aditama

Kustiawan & Utomo. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Jawa Timur: Media Grafika

Misnawati, M. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kecanduan Game Online Pada Siswa-Siswi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 217-223. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4004

Musthofa, M. E. (2020). Perilaku Over Protective Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Negeri 1 Wiradesa. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 242-266. DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.242-266

Ng, B. D., & Wiemer-Hastings, P. (2005). Addiction To the Internet and Online Gaming. Cyberpsychology & behavior, 8(2), 110-113. DOI:10.1089/cpb.2005.8.110

Purnomo, A. (2014). Hubungan Antara Kecanduan Gadget (Mobile Phone) Dengan Empati Pada Mahasiswa. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Riadi, Edi. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Andi Offset

Santrok JW. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 267-289. DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.267-289

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Press

Utami, T. W., & Hodikoh, A. (2020). Kecanduan game online berhubungan dengan penyesuaian sosial pada remaja. Jurnal Keperawatan, 12(1), 17-22. DOI: https://doi.org/10.32583/keperawatan.v12i1.700




DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v3i1.71-94

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.