Korelasi Antara Adiksi Game Online dengan Perilaku Empati pada Remaja di Kabupaten Semarang
Abstract
The phenomenon of playing online games among teenagers is something that must be considered. Addiction to online games makes individuals do not care about interactions with people around them. Because individuals who have been addicted to online games are only focused on online games. As a result, the individual's feelings of empathy are not formed. The quantitative research method of correlation with online game addiction scale and empathy scale contains statements that are favorable and unfavorable. The sample in this study was 73 teenagers from Kalisari Hamlet. The results of the study showed that there was a moderate relationship between online game addiction and empathy in adolescents, which was indicated by a person correlation value of 0.462. This means that there is a significant relationship between online game addiction and empathy in adolescents with a moderate degree of correlation.
Abstrak
Fenomena bermain game online di kalangan remaja merupakan suatu hal yang harus di perhatikan. Kecanduan game online membuat individu menjadi tidak peduli dengan interaksi bersama orang disekitar. Sebab individu yang telah kecanduan game online hanya terfokus pada game online. Akibatnya perasaan empati individu tersebut tidak terbentuk. Metode penelitian kuantitatif korelasi dengan skala adiksi game online dan skala empati memuat pernyataan yang bersifat favourable dan unfavourable. Sampel dalam penelitian ini 73 remaja Dusun Kalisari. Hasil penelitian terdapat hubungan yang sedang antara adiksi game online dengan empati pada remaja yang ditunjukkan dengan nilai person correlation sebesar 0,462. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara adiksi game online dengan empati pada remaja dengan derajat hubungan berkorelasi sedang.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ali, M., & Arenggoasih, W. (2021). Ethics and Human Dignity as Communication of Javanese Family that Interfaith Religious Life. Psychology and Education Journal, 58(1), 5417-5429. DOI: https://doi.org/10.17762/pae.v58i1.1799
Angela. (2013). Pengaruh Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa SDN 015 Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda. Jurnal Ilmu Komunikasi, 1 (2), 532-544
Arikunto. (2016). Manajemen Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Azis, R. (2011). Hubungan Kecanduan Game Online dengan Self Esteem Remaja Gamers di Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Skripsi. Fakultas Psikologi, Universitas Islam Maulana Malik Ibrahim Malang.
Badriyah, L. (2013). Pengaruh Empati dan Self-Control Terhadap Agresivitas Remaja SMA Negeri 03 Kota Tanggerang Selatan. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 6(3), 211-219. DOI:10.29210/127200
Goleman, D. (2007). Emotional Intellegence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Hurlock, E. B. (2011). Psikologi Perkembangan. Jakata: Erlangga
Indrawan, Rully. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Surabaya: Refika Aditama
Kustiawan & Utomo. (2019). Jangan Suka Game Online: Pengaruh Game Online dan Tindakan Pencegahan. Jawa Timur: Media Grafika
Misnawati, M. (2016). Hubungan Kecerdasan Emosi Dengan Kecanduan Game Online Pada Siswa-Siswi. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(2), 217-223. DOI: http://dx.doi.org/10.30872/psikoborneo.v4i2.4004
Musthofa, M. E. (2020). Perilaku Over Protective Orang Tua dengan Penyesuaian Diri Remaja di SMA Negeri 1 Wiradesa. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 242-266. DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.242-266
Ng, B. D., & Wiemer-Hastings, P. (2005). Addiction To the Internet and Online Gaming. Cyberpsychology & behavior, 8(2), 110-113. DOI:10.1089/cpb.2005.8.110
Purnomo, A. (2014). Hubungan Antara Kecanduan Gadget (Mobile Phone) Dengan Empati Pada Mahasiswa. Skripsi Fakultas Ilmu Sosial Dan Humaniora Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Riadi, Edi. (2016). Statistika Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: Andi Offset
Santrok JW. (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Sari, I. P., Wardhani, R. W. K., & Amal, A. S. (2020). Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 2(2), 267-289. DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.267-289
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rajawali Press
Utami, T. W., & Hodikoh, A. (2020). Kecanduan game online berhubungan dengan penyesuaian sosial pada remaja. Jurnal Keperawatan, 12(1), 17-22. DOI: https://doi.org/10.32583/keperawatan.v12i1.700
DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v3i1.71-94
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.