Implementasi Pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT Raudlotul Mu’minin

Ali Asfuri

Abstract


Abstract

The purpose of this research is (1) want to know how to implement door to door learning done by teachers, (2) want to know the development of children learning psychology at TKIT Raudlotul Mu'minin. The study uses a field research approach and is qualitative descriptive. The results showed that the development of child psychology was very influential in the learning activities, because the children had different psychological characteristics and developments. In order to teach learning activities can run well, the strategy of learning with the system from home to home is expected to make children in terms of education is still well served in the midst of the Covid-19 pandemic conditions and useful to help the development of children learning psychology.

Abstrak

Tujuan penelitian ini yaitu (1) ingin mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran door to door yang dilakukan oleh guru, (2) ingin mengetahui perkembangan psikologi belajar anak di TKIT Raudlotul Mu’minin. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian lapangan dan bersifat kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan psikologi anak sangat berpengaruh pada kegiatan belajarnya, sebab anak memiliki karakteristik dan perkembangan psikologis yang berbeda-beda. Agar kegiatan belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, maka strategi belajar dengan sistem dari rumah ke rumah diharapkan membuat anak-anak dalam hal pendidikan tetap terlayani dengan baik di tengah kondisi pandemi Covid-19 dan berguna untuk membantu perkembangan psikologi belajar anak.
 


Keywords


pembelajaran door-to-door; psikologi belajar

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Astuti, Rini. (2015) Pengembangan Pembelajaran di Luar Kelas Melalui Project Based Learning dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Bandung: UPI.Edu.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Budiningsih, Asri. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Ahmadiansah, R. (2019). Model Dakwah dalam Pelayanan Pasien. IJIP: Indonesian Journal of Islamic Psychology, 1(2), 215-242.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2003). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Fadillah, Muhamad. (2012). Desain pembelajaran PAUD. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Hamalik, Oemar. (2014). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Hermawan, Agus. (2019). “Kebijakan Dosen Mengurangi Plagiarisme Pada Karya Ilmiah Mahasiswa" IJIP: Indonesian Joournal of Islamic Psycology 1 (2): DOI: 10.18326/ijip.v1i2.264–284.

Hurlock, Elizabeth, B. (2011). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Husamah. (2013). Pembelajaran Luar Kelas Outdoor Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Jalaluddin. (2015). Psikologi Agama. Jakarta: RajaGrafindo Persada Ramayulis. (2007). Psikologi Agama. Jakarta: Kalam Mulia.

Riskomar, Dadan. (2004). Pedoman Praktis Pelaksanaan Outdoor dan Fun Games Activities. Jakarta: PT. Mandar Utama Tiga Books Division.

Santrock, John W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: PT. Erlangga.

Slameto. (2013). Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Smith, L.H & Barker, E. (2009). Exploring Youth Development With Diverse Children: Correlates Of Risk, Healyh and Thriving Behaviors. Journal For Special Pediatric Nursing, 14 (1).

Sofia, Hartati. (2005). Perkembangan Belajar Pada Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suardiman, Siti Partini. (2009). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi Offset.

Suryana, Dadan. (2014). Hakikat Anak Usia Dini. Padang: UNP Press Padang.

Sutikno, M. Sobry. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Prospect.

Suyanto. (2005). Konsep Dasar Anak Usia Dini. Jakarta: Depdinas.

Tedjasaputra. (2009). Bermain, Mainan, dan Permainan untuk Pendidikan Usia Dini. Jakarta: PT Grasindo.

Trianto. (2011). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta: Kencana.

Uno, Hamzah & Nurdin, M. (2011). Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Vera, Adelia. (2012). Metode Mengajar Anak di Luar Kelas (Outdoor Study). Yogyakarta: DIVA Press.

Yamin, Martinis., & Sanan, Jamilah, S. (2012). Panduan Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: GP Press.

Yusuf, Muri. (2002) Pengantar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Yusuf, Yusrizal, Maulana. (2020). Artikel Metode Door-to-Door dalam Penyampaian Pembelajaran Guru terhadap Siswa. Kompasiana.com.




DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v2i1.84-111

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.