Perilaku Agresif Remaja dalam Tinjauan Pola Asuh Keagamaan Orang Tua di Desa Baleadi Pati

Imam Subqi

Abstract


Abstract
The purpose of this study is to reveal two things, (1). Want to know how the
aggressive behavior of adolescents in the Baleadi Village, Pati. (2). What is the
religious parenting of parents towards adolescents in Baleadi Pati Village. This
study used a qualitative approach with parents and adolescents in Baleadi Pati
Village as the object of research. the results of the study showed that the
aggressive behavior carried out by Baleadi Village adolescents most often carried
out was fighting as a fight on the momentum of adolescent or village activities
such as the takbir around, a celebration of seventeen. There were four forms of
aggression, namely physical aggression, verbal, anger and hostility influenced by
teenagers and the environment, each of which is highly curious to take part in a
fight. There were three types of parenting, authoritarian, democratic and
permissive.

Abstrak
Tujuan dari penelitian ini ingin mengungkapkan dua hal, (1). Ingin mengetahui
bagaimana perilaku agresif remaja di Desa Baleadi Pati. (2). Bagaimana pola
asuh keagamaan orang tua terhadap remaja di Desa Baleadi Pati. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dengan orang tua dan remaja di Desa
Baleadi Pati sebagai obyek penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa
perilaku agresif yang dilakukan oleh remaja Desa Baleadi yang paling sering
dilakukan adalah berkelahi sebagaimana perkelahian pada momentum
kegiatan remaja atau desa seperti takbir keliling, perayaan tujuh belasan.
Bentuk agresif yang dilakukan ada empat yaitu agesi fisik, verbal, rasa marah
serta sikap permusuhan yang dipengaruhi dari dalam diri remaja dan
lingkungan yang masing-masing rasa ingin tahu yang tinggi untuk ikut
melakukan perkelahian. Ada tiga tipe pola asuh orangtua yaitu otoriter,
demokratis dan permisif.


Keywords


perilaku agresif; pola asuh; keagamaan; orang tua

Full Text:

PDF

References


Ulwan, A. (1893). Tarbiyatul Aulad Fiil Islam, Juz 2. Beirut, Libanon: Dar Assalam.

Anisah, A. S. (2011). Pola Asuh Orang Tua dan Implikasinya Terhadap

Pembentukan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Universitas Garut,

, (1), 70-84. https://journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/view/43/43.

Arikunto, S. (2003). Manajemen Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, S. (1996). Prosedur Penelitian Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta.

Balson, M. (1993). Bagaimana Menjadi Orang Tua yang Baik, terj. M.

Arifin. Jakarta: Bumi Aksara.

Berkowitz, L. (2003). Emotional Behavior: Mengenai Perilaku dan Tindak Kekerasan di Lingkungan Sekitar Kita dan Cara

Penanggulangannya, terj.

Thoha, C. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

David. (2004). Psikologi Suatu Pengantar. Jilid 1, Penerjemah: Meri J.

Jakarta: Erlangga.

Dayakisni, T., & Hudaniah. (2006). Psikologi sosial. Malang: UMM Press.

Depag RI. (1989). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Semarang: Thoha Putra.

Garang, B. T. K. (2000). Pola Pendidikan Masyarakat Dayak dalam

Transformasi Era Globalisasi. Jakarta: t.p.

Hidayati, K. B., & Farid, M. (2016). Konsep Diri Quotient dan Penyesuaian Diri Pada Remaja. Pesona Jurnal Psikologi Indonesia, 5, (2), 137144. DOI:https://doi.org/10.30996/persona.v5i02.730

Hurlock, E. B. (1978). Child Development. Tokyo: Mc Graw Hill.

Idris, Z., & Jamal, L. (1992). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

James, L., & Nahl, D. (2000). Aggressive Driving Is Emotionally Impaired. Driving Journal Psychology.

https://www.researchgate.net/publication/242600777_Aggressiv

e_Driving_is_Emotionally_Impaired_Driving.

Malik, E. H. (2016). Parenting healing: pantang menyerah untuk keluarga bahagia. Jakarta: Adibintang.

Subqi, I. (2016). Pola Komunikasi Keagamaan dalam Membentuk

Kepribadian Anak. Jurnal Inject, 1, (2), 165-180. DOI:

18326/inject.v1i2.165-180

Siddiqah, L. (2015). Pencegahan dan Penanganan Perilaku Agresif

Remaja Melalui Pengelolaan Amarah (Anger Management). Jurnal

Psikologi UGM, 37, (1), 50-64. DOI: 10.22146/jpsi.7692

Pege, J. D. (1987). Abnormal Psychology. New Delhi: Tata Mc Graw Hill

Publishing Company Ltd.

KBBI. (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia. (online), http://kbbi.web.id/agresif .

Kusuma, K. H, dkk. (1996). Pengantar Pendidikan. Semarang: IKIP

Semarang Press.

Langgulung, H. (1995). Manusia dan Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Mappiare, A. (2000). Psikologi Remaja, Surabaya: Usaha Nasional.

Miller, J. P. (2002). Cerdas di Kelas, Sekolah Kepribadian, terj. Abdul

Munir Mulkhan. Yogyakarta: Kreasi Kencana.

Sudjana, N., & Ibrahim. (2001). Penelitian dan Penelitian Pendidikan.

Bandung: Sinar Baru Agesindo.

Nasution, S. (2000). Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Pearce, J. (1990). Ledakan Amarah. Jakarta: Bina Rupa Aksara.

Popham, W., James, E. L., & Baber. (2000). Teknik Mengajar Secara

Sistematis, terj. Amirul Hadi. Jakarta: Rineka Cipta.

Rasimin. (2018). Metodologi Penelitian, Pendekatan Praktis Kualitatif,

Yogyakarta, Mitra Cendekia.

Baron, R. A., & Byrne, D. (2003). Psikologi Sosial, Alih Bahasa: Ratna

Muwita, Jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Willis, S. S. (1991). Problem Remaja dan Pemecahannya. Bandung:

Angkasa Indonesia.

Sukardi. (2003). Metodologi penelitian Pendidikan Kompetensi dan

Prakteknya. Jakarta: Bumi Aksara.

Susetyo, B. (2008). Bullying di Sekolah. Jawa Post, Semarang 12 Mei

Internet:

Detiknews. Tawuran Pelajar di Magelang Seorang Siswa SMK Tewas.

Kamis, 31 Jan 2019.




DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v1i2.186-214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology




Creative Commons License Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.