PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI LINGKUNGAN NYATA

Siti Norhidayah

Abstract


Di latar belakangi oleh permasalahan bahwa pengajaran matematika cenderung  membosankan karena pelajaran matematika dianggap hanya mempelajari hal-hal abstrak dengan sederet angka-angka yang dipelajari monoton hanya di dalam kelas. Sudah saatnya pembelajaran matematika dikondisikan dengan lebih menyenangkan, tanpa keterpaksaan dan tentunya tanpa mengabaikan kebermaknaannya. Pemanfaatan lingkungan sebagai media nyata dalam proses pembelajaran matematika tentulah sangat menarik. Hal ini akan lebih efektif jika dimulai dengan membiasakan mahasiswa sebagai calon guru agar berpikir lebih kreatif untuk mengkondisikan lingkungan sekitar baik sebagai sarana, media, bahkan sebagai sumber masalah yang menarik untuk dipecahkan bersama.  Banyak obyek nyata di lingkungan sekitar yang bisa diamati secara langsung dan bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan pemahaman mahasiswa tentang konsep-konsep matematika.

Dengan memanfaatkan lingkungan, mahasiswa akan terbiasa belajar untuk lebih aktif dalam mengembangkan keterampilan berinteraksi dengan lingkungan, mengeksplorasi kemampuan matematisnya, berdiskusi dan menentukan solusi dari permasalahan nyata yang ada di lingkungan sekitarnya.


Full Text:

PDF

References


Azhar, A. 2008. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. GrafindoPersada.

Hadi, S. 2017. Pendidikam Matematika Realistik, Teori, Pengembangan, dan implementasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Handoyo, L.D. 2011. Pemanfaatan Lingkungan Sekitar sebagai Laboratorium Pembelajaran IPA dalam Pengembangan Multiintelegensi Mahasiswa PGSD Universitas Sanata Dharma. https://repository.usd.ac.id. Diakses tanggal 3 Nopember 2019.

Mastur, Z. 2016. Menggunakan Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Pembelajaran Konsep π di SD. Portalgaruda.org. Diakses tanggal 5 Juli 2019.

Miarso, Y. 2004. Menyemai benih Teknologi Pendidikan. Jakarta:Prenada Media.

Sadiman, A.S., dkk. 2011. Media Pendidikan, Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sukmadinata, N.S., 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Remaja Rosdakarya, Bandung.

Syamsi, A. 2014. Pemanfaatan Media Aktual Lingkungan dalam Pembelajaran Matematika untuk Lower Class di MI/SD. EduMa Vol. 3 No. 1 Juli 2014. ISSN 2086-3918.




DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.46-51

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Siti Norhidayah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Indexed by

doaj.pnggoogle_scholar_2-removebg-preview.pngmoraref-removebg-preview.png

dimension-removebg-preview.pngWorldCat_Logo_H_Color-removebg-preview.png

garuda-removebg-preview.png

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats