Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Etnomatematika pada Materi Garis dan Sudut
Abstract
Penelitian pengembangan LKPD berbasis Etnomatematika bertujuan untuk mengetahui kualitas LKPD sebagai media pembelajaran. Jenis penelitian yaitu pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yaitu: Analysis, Desain, Development, Implementation, dan Evaluation. Akan tetapi pada penelitian ini dibatasi hanya sampai pada tahap ke tiga yaitu tahap pengembangan (development). Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 3 Salatiga. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket lembar validasi, lembar penilaian kepraktisan yang berupa lembar angket respon guru dan angket lembar respon peserta didik, lembar validasi dan lembar angket guru digunakan untuk mengetahui kualitas LKPD yang dikembangkan, sedangkan lembar angket respon peserta didik digunakan untuk mengetahui seberapa besar respon peserta didik terhadap LKPD yang dikembangkan.Hasil analisis data yaitu (1) hasil validasi LKPD berbasis etnomatematika dari dua validator diperoleh skor aktual 165 dengan kategori sangat valid, (2) hasil lembar angket guru diperoleh skor 39 dengan kategori sangat praktis (3) hasil respon peserta didik terhadap LKPD berbasis etnomatematika diperoleh presentase 80% dengan kategori kuat. LKPD berbasis etnomatematika yang dikembangkan dalam penelitian ini berkualitas baik dan layak untuk di implementasikan.
Keywords
Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD); Etnomatematika; Garis dan Sudut
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i2.38-45
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 Tira Silvia
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.