KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) TERHADAP KEMAMP

Titik Utami, Mulyani Mulyani

Abstract


Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui rata-rata posttest kelas eksperimen mencapai KKM, 2) rata-rata Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata Gain kelas kontrol, dan 3) rata-rata posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata posttest kelas kontrol. Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen melalui pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah VII di MTs Negeri Salatiga dengan sampel kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIH sebagai kelas kontrol. Tehnik mengambilan sampel dilakukan dengan Cluster Random Sampling. Variabel dalam penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu model pembelajaran kooperatif tipe TPS dan variabel terikat yaitu kemampuan pemecahan masalah matematika. Instrumen pengumpulan data meliputi hasil pretest dan posttest kelompok eksperimen serta kontrol, lembar observasi guru, dan dokumen nilai UTS kelas eksperimen dan kontrol, serta foto-foto kegiatan pembelajaran. Tehnik analisis data yang digunakan adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, dan Uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Hal tersebut dapat dilihat dari: 1) rata-rata hasil posttest kelas eksperimen  73, 2) rata-rata Gain kelas eksperimen lebih besar dari pada rata-rata Gain kelas kontrol, dan 3) rata-rata hasil posttest kelas eksperimen lebih baik dari pada rata-rata posttest kelas kontrol.

Full Text:

PDF

References


Hamdayama, Jumanta (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Galia Indonesia.

Mulyadi, Seto, A. M. Heru Basuki, & Wahyu Rahardjo (2016). Psikologi Pendidikan (dengan pendekatan Teori Baru dalam Psikologi). Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (2003). Jakarta: Visimedia.

Shadiq, Fajar (2014). Pembelajaran Matematika (Cara Meningkatkan Kemampuan Berfikir Siswa). Yogyakarta: Graha Ilmu.

Hasnunidah, Neni (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.

Machali, Imam (2017). Metode Penelitian Kuantatif (Panduan Praktis Merencanakan, Melaksanakan, dan Analisis dalam Penelitian Kuantitatif). Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Latif, Hilman, Dede Rohmad, & Epon Ningrum (2014). Pengaruh Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Geografi, Vol. 14, No. 1. Retrieved from http://ejournal.upi.edu




DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.33-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019




Indexed by

google-unggah-barumoraref-unggah-barudimension-unggah-baru

worldcat-unggah-barugaruda-unggah-baru



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats