Keefektifan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Dengan Strategi Heuristik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Afidatus Solikah, Wulan Izzatul Himmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan  untuk mengetahui keefektifan penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis dengan strategi pembelajaran heuristik efektif dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis eksperimen semu. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest posttest control group design. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu kelas VIIF sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan bantuan program SPSS versi 25.0 dengan uji Independent Sampel T Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Means Ends Analysis dengan strategi pembelajaran heuristik efektif dalam kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VII SMP N 2 Bringin.

Full Text:

PDF

References


Baro, Rachmad. 2016. Penelitian Hukum Non-Doktrinal Trend Penggunaan Metode dan Teknik Penelitian Sosial di Bidang Hukum, Ed. 1, Cet. 1. Yogyakarta: Deepublish.

Dewi, Ratna. (2013). Pengaruh Penerapan Strategi Heuristik Model Polya Terhadap Kemwmpuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Negeri 2 Pekanbaru. Skripsi (Online). Program Studi Pendidikan Matematika. Fakutas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru. (http://repository.uin-suska.ac.id/2140/1/2013_2013824PMT.pdf diakses 20 Juni 2019).

Hilmansyah. (2017). Pengaruh Strategi Means-Ends Analysis Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Skripsi (Online), Jurusan Pendidikan Matematika, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Syarif Hidayatullah Jakarta, (http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/34561/1/skripsi%20MEA%20watermark.pdf, diakses pada 01 April 2019)

Huda, Miftahul. 2014. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Meltzar, David. E., 2002. The Relationship Between Mathematics Preparation and Conceptual Learning Gains in Physics: a Possible ‘‘Hidden Variable’’ In Diagnostic Pretest Scores. Department of Physics and Astronomy, Iowa State University, Ames, Iowa 50011, (online), Am. J. Phys., Vol. 70, No. 12, (http://ojps.aip.org/ajp/, diakses 17 Juni 2019).

Safitri, dkk. (2013). Pengaruh Pendekatan Multiple Intelligences Melalui Model Pembelajaran Langsung Terhadap Sikap dan Hasil Belajar Kimia Peserta Didik di SMA Negeri I Tellu Limpoe. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, (Online), Vol. 2, No. 2, (https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii/article/view/2717, diakses pada 21 Maret 2019).

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013 Cet. 1. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Cet. 26. Bandung: Alfabeta.

Sundayana, Rostina. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan: Pembahasan dilengkapi dengan Bantuan MS. Excel dan SPSS, Cet. 3. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Ed. 1, Cet. 1. Jakarta: Kencana.




DOI: https://doi.org/10.18326/hipotenusa.v1i1.1-8

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019




Indexed by

google-unggah-barumoraref-unggah-barudimension-unggah-baru

worldcat-unggah-barugaruda-unggah-baru



 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

View My Stats