UPAYA PENINGKATAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI GAYA DAN GERAK DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE
Abstract
Data hasil tes formatif kelas IV semester 1 tahun pelajaran 2016/2017, mendapatkan nilai rata-rata adalah 55,18, sebagian siswa masih memperoleh nilai di bawah KKM yang ditetapkan yaitu 65 dan harus mengikuti program perbaikan. Sebanyak 9 siswa (33,33%) tuntas, dan 18 siswa (66,67%) yang belum tuntas. Dari 27 siswa di kelas IV SD Negeri 3 Jebol, hanya terdapat 10 siswa yang aktif dalam pembelajaran. Oleh karena itu penulis melakukan tindakan untuk mengatasi masalah dengan model pembelajaran picture and picture untuk dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Pada prasiklus hanya 10 siswa yang aktif, menjadi 16 siswa di siklus I dan 19 siswa di siklus II. Hasil belajar siswa meningkat dari nilai 55,18 pada prasiklus, menjadi nilai 71,85 pada siklus I, dan kembali meningkat menjadi nilai 84,81 pada siklus II. Tingkat ketuntasan belajar meningkat, 33,33% pada prasiklus, 70,37% pada siklus I dan 88,89% pada siklus II. Penerapan model picture and picture dalam perbaikan pembelajaran dengan sub tema gerak dan gaya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar.
Data from formative test fourth Grade 1st semester of academic year 2016/2017, get the value of the average is 55.18, some students still received grades below KKM set at 65 and must follow remedial courses. A total of 9 students (33.33%) completed, and 18 students (66.67%) which is not yet complete. Of the 27 students in the fourth grade of SD Negeri 3 Jebol, there are only 10 active students in learning. Therefore, the author take action to overcome the problem by using the learning model picture and picture to be able to enhance the activity and student learning outcomes. In prasiklus only 10 students are active, to 16 students in the first cycle and 19 students in the second cycle. Learning outcomes of students increased from 55.18 on prasiklus value, being the value of 71.85 in the first cycle, and increased again to the value 84.81 in the second cycle. Increasing the level of mastery learning, on prasiklus 33.33%, 70.37% in the first cycle and 88.89% in the second cycle. The application of the model picture and picture in the improvement of learning with the sub theme of motion and force can enhance the activity and student learning outcomes.
Kata kunci: keaktifan, hasil belajar, model picture and picture
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v26i0.283-308
Refbacks
- There are currently no refbacks.
----------------------------------------------------------
P-ISSN: 0215-9996
E-ISSN: 2655-4844
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
Technical Support: tarbiyah.ftik@gmail.com