Peran Pendidikan Spiritual dalam Perkembangan Masa Adolesen di Era Globalisasi 4.0

Hijri Adi Ridwan, Yekti Endah Pambudi

Abstract


Tantangan yang tengah dihadapi di era globalisasi dalam perkembangan masa adolesen terkait pentingnya peran pendidikan spiritual. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pentingnya peran pendidikan spiritual dalam perkembangan anak masa adolesen (remaja)di era globalisasi 4.0. Harapannya hasil dari penelitian dapat bermanfaat bagi seluruh elemen pemangku kebijakan pendidikan pada umumnya, untuk membuat sistem yang bisa mengoptimalkan pendidikan spiritual dalam lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat di negara ini. Metode penelitian yang digunakan menggunakan kualitatif studi kasus. Hasil penelitian ini dari lima komponen adalah individu masih mencari jati diri, individu mempunyai bekal pendidikan agama dari lingkungan keluarga, individu, berusaha beradaptasi dengan lingkungan, dan dukungan dari lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat sangat berperan penting dalam perkembangan masa adolesen.

Keywords


Pendidikan Spiritual; Perkembangan Adolesen

Full Text:

PDF

References


Alwisol. (2011). Psikologi Kepribadian. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Baharun, H. (2016). Pendidikan Anak dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. Jurnal Pedidikan, 3(2), 96–107.

Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartanegara, M. (2006). Menyelami lubuk tasawuf. Jakarta: Erlangga.

Kasali, R. (2017). Strawberry Generation. Jakarta: Mizan.

Kusuma, R. S. (2017). Komunikasi Antar Pribadi Sebagai Solusi Konflik Pada Hubungan Remaja Dan Orang Tua Di Smk Batik 2 Surakarta. Warta LPM, 20(1), 49–54. https://doi.org/10.23917/warta.v19i3.3642.

Maslahah, A. (2012). Pentingnya Kecerdasan Spiritual dalam Menangani Perilaku Menyimpang. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Islam, 3(1), 29–42. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ningrum, D. (2015). Kemerosotan Moral Di Kalangan Remaja: Sebuah Penelitian Mengenai Parenting Styles dan Pengajaran Adab Diah Ningrum Sekolah Menengah Islam Terpadu (SMIT) Al Marjan. Unisia, XXXVII(82), 18–30.

Rakhmawati, I. (2015). Peran Keluarga dalam Pengasuhan Anak. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 6(1), 1–18. https://doi.org/10.21043/kr.v6i1.1037.

Revitch, D. (1994). Hutan: Hakikat dan pengaruhnya terhadap lingkungan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Rini, A. R. P. (2012). Kemandirian Remaja Berdasarkan Urutan Kelahiran. Jurnal Pelopor Pendidikan, 3(1), 61–70. http://www.stkippgrismp.ac.id/jurnal-pelopor-pendidikan-2/.

Rubiyanti, Y., Novianti, L. E., & Supyandi, D. (2012). Pelatihan Motivasi Berprestasi dan Orientasi Masa Depan Remaja Jatinangor. Sosiohumaniora, 14(1), 1-12.

Saputro, K. Z. (2018). Memahami Ciri dan Tugas Perkembangan Masa Remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25-32. https://doi.org/10.14421/aplikasia.v17i1.1362.

Setiawan, D. (2013). Peran Pendidikan Karakter Dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 53–63. https://doi.org/10.21831/jpk.v0i1.1287.

Subianto, J. (2013). Peran Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat dalam Pembentukan Karakter Berkualitas. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 8(2), 331–354. https://doi.org/10.21043/edukasia.v8i2.757.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Wolf, M., Chung, C. K., & Kordy, H. (2010). MEM’s search for meaning: A rejoinder. Psychotherapy Research, 20(1), 93–99. https://doi.org/10.1080/10503300903527393.

Yani, A. (2013). Pendidikan Agama Pada Anak Oleh Orang Tua : Tinjauan Psikologi Islam. Jurnal Ilmu Agama UIN Raden Fatah, 14(1), 33–44.

Zohar, D., & Marshall, I. (2007). SQ-Kecerdasan Spiritual. Bandung: Mizan Pustaka.




DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v1i1.20-28

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hijri Adi Ridwan, Yekti Endah Pambudi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License