PENGARUH TINGKAT KEPERCAYAAN KONFORMITAS DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN MUZAKI UNTUK MEMBAYAR ZAKAT (STUDI KASUS MUZAKI NON ASN BAZNAS KABUPATEN SEMARANG)

Miatul Alfi Mubtiati, Saifudin Saifudin

Abstract


Penelitian ini membahas tentang faktor muzaki untuk membayar zakat di Baznas Kabupaten Semarang. Sebab banyak swasta yang masih minim membayar zakat di lembaga zakat. Dalam penelitian ini digunakan metode kuantitatif dengan pengumpulan data primer yaitu kuisioner dan pernyataan yang di susun menggunakan skala likert dimana sampelnya berupa responden muzaki NON ASN Baznas Kabupaten Semarang sejumlah 83 responden.Alat analisis dalam penelitian ini menggunakan linear berganda serta menggunakan Metode MRA Moderated Regresion Analysis dan kemudian di bantu dengan alat analisis berupa aplikasi SPSS.  Teori dalam penelitian ini yaitu Theory Planned Behavior Dalam penelitian ini terdapat lima variabel, yaitu kepercayaan, konformitas, kualitas pelayanan, keputusan dan tingkat pendapatan. Dari hasil penelitian ini adalah menerima 3 hipotesis dan menolak 4 hipotesis


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18326/jiem.v3i1.34-44

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________

                                         

Creative Commons License

JIEM, Journal of Islamic Enterpreneurship and Management  by http://e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/jiem is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIEM Journal of Islamic Enterpreneurship and Management UIN SALATIGA e-ISSN: 2808-8255