Peran Orang Tua Mencegah Dampak Negatif Gadget Melalui Pendekatakan Komunikasi dan Psikologi

Intan Permata Sari, Rama W Kusuma Wardhani, Ahmad Syaiful Amal

Abstract


Abstract

This study aims to reveal the role of parents in preventing the negative impact of gadgets with communication and psychological approaches in Batu Gane Village, Selangit District, Musi Rawas Regency, South Sumatra Province. This research method is qualitative research, the source of research data is to conduct interviews with several parents in the village who have children aged 13-15 years. The results of the study explain the implementation of parental communication in preventing the impact of the influence of gadgets with forms of communication and psychological approaches. In its application in the family is not the same, there are those who use interpersonal communication, verbal communication and also non-verbal communication, through the management and psychological approaches of parents and parenting that are in accordance with the character of children who have their own type of style, such as authoritarian style, democratic style, laissez-faire style and transactional style. In addition, in parental management, it is necessary to provide direction through motivation to children's attitudes and behavior, and evaluation of communication applied to children.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mengungkapkan peran orang tua dalam mencegah dampak negatif gadget dengan pendekatan komunikasi dan psikologi di Desa Batu Gane, Kecamatan Selangit, Kabupaten Musi Rawas, Provinsi Sumatera Selatan. Metode penelitian ini adalah penelitian kualitif, sumber data penelitian yakni melakukan wawancara pada beberapa orang tua di Desa tersebut yang memiliki anak usia 13-15 tahun. Hasil penelitian menjelaskan implementasi komunikasi orang tua dalam mencegah dampak pengaruh gadget dengan bentuk komunikasi dan pendekatan psikologi. Pada penerapannya dalam keluarga tidak sama, ada yang menggunakan komunikasi interpersonal, komunikasi verbal dan juga komunikasi non verbal, melalui manajemen dan pendekatakan psikis orang tua dan pola asuh yang sesuai dengan karakter anak yang memiliki tipe gaya masing-masing, seperti gaya otoriter, gaya demokrasi, gaya laissez-faire dan gaya transaksional. Selain itu dalam manajemen orang tua perlu memberikan pengarahan melalui motivasi terhadap sikap dan prilaku anak, dan evaluasi komunikasi yang diterapkan kepada anak.


Keywords


orang tua; gadget; komunikasi psikologi

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, A., & Hendrizal, H. (2018). Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Kehidupan Sosial Para Siswa SMA (No. 1). 13(1).

Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia. (t.t.). Diambil 14 November 2020, dari https://www.apjii.or.id/

Az-Za balawi, M. S. M. (diterj: A. H. al-Kattani). (2007). Pendidikan remaja antara islam dan ilmu jiwa/ Az-Za balawi. Bandun: Gema Insani,.

Badrudin. (2014). Dasar-Dasar Manajemen (Cet.2). Alfabeta.

Cangara, H. (2000). Pengantar ilmu komunikasi. PT RajaGrafindo Persada.

Djamarah, S. B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua dan Anak dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S. B. (2014). Pola Asuh Orang Tua dan Komunikasi dalam keluarga. Rineka Cipta.

Enjang A.S & Dulwahab, E. (2108). Komunikasi Keluarga Perspektif Islam. Cet. I; Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Encep Dulwahab, E. (2018). Komunikasi Keluarga Prespektif Islam. Simbiosa Rekatama Media.

Gunawan, H. (2013). Jenis pola Komunikasi orang Tua dengan Anak Perokok Aktif Desa Jembayan Kecamatan Loa Kulu Kabupaten Kutai kartanegara ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id. https://ejournal.ilkom.fisip-unmul.ac.id/site/wp-content/uploads/2013/08/Jurnal%20Komunikasi%20(Hendri%20Gunawan%20-%200802055311)%20(08-27-13-09-03-58).pdf

Iswidharmanjaya, D., & Agency, B. (2014). Bila Si Kecil Bermain Gadget: Panduan bagi orang tua untuk memahami factor-faktor penyebab anak kecanduan gadget. Bisakimia.

Jauhar, A. A., Ulfa, N. S., Pradekso, T., & Naryoso, A. (2015). Pengaruh Intensitas Penggunaan Smartphone dan Komunikasi Orangtua Anak terhadap Prestasi Belajar Anak. Interaksi Online, 3(3), 185640. https://www.neliti.com/publications/185640/pengaruh-intensitas-penggunaan-smartphone-dan-komunikasi-orangtua-anak-terhadap

Kominfo, P. (t.t.). Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia. Website Resmi Kementerian Komunikasi Dan Informatika RI. Diambil 14 November 2020, dari http:///content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media

Sulastri, L. (2012). Manajemen sebuah Pengantar. LGM-LaGood’s Publishing.

Moleong, L. J. (1989). Metodologi penelitian kualitatif. Remadja Karya.

Muduli, J. R. (2014). Addiction to technological gadgets and its impact on health and lifestyle: A study on college students [MA]. http://ethesis.nitrkl.ac.in/5544/

Mulyani, W. (2012). Implementasi komunikasi verbal dan non verbal dalam proses menghafal juz amma pada pendidikan anak usia dini di bait Qur’any Ciputat. Undefined. /paper/Implementasi-komunikasi-verbal-dan-non-verbal-dalam-Mulyani/76117bb40ce6b6b92c89081b12ecc12f7ad79c7c

Novitasari, W., & Khotimah, N. (2016). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap interaksi sosial Anak Usia 5-6 Tahun. PAUD Teratai, 5(3), Article 3. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/17261

Saputri, A. D., & Pambudi, D. A. (2018). Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Intraksi Sosial Anak Usia Dini. In Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (Vol. 3, pp. 265-278).

Pebriana, P. (2017). Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Journal of Early Childhood Education, 1, 1. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.40

Retnowati, Y., Hubeis, A. V. S., & Hadiyanto. (2008). Pola Komunikasi Orang Tua Tunggal Dalam Membentuk Kemandirian Anak (Kasus di Kota Yogyakarta). Jurnal Komunikasi Pembangunan, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.46937/620085659

Samsinar. S, S. (2020). Pola komunikasi Keluarga dalam Perspektif Islam. Al-Din: Jurnal Dakwah dan Sosial Keagamaan, 5, 17–30. https://doi.org/10.35673/ajdsk.v5i1.567

Olivia, S., & Nuraini, D. (t.t.). Komunikasi Keluarga Dalam Mencegah Dampak Negatif Penggunaan Gadget. http://isip.usni.ac.id/jurnal/Sandra%20Olivia.pdf

Sari, A. (2015). Model Komunikasi Keluarga pada Orang Tua tunggal (Single Parent) dalam Pengasuhan Anak Balita. Avant Garde, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.36080/avg.v3i2.64

Sunita, I., & Mayasari, E. (2018). Pengawasan Orangtua Terhadap Dampak Penggunaan Gadget Pada Anak. Jurnal Enduranc: Kajian Ilmiah Problema Kesehatan, 3(3), 510–514. https://doi.org/10.22216/jen.v3i3.2485

Warisyah, Y. (2015). Pentingnya Pendampingan dialogis Orang Tua dalam Penggunaan Gadget Pada Anak Usia Dini.

Wijanarko, I. J., & Setiawati, I. E. (2016). Ayah Ibu Baik Parenting Di Era Digital. Happy Holy Kids.

Novianti, R. D., Sondakh, M., & Rembang, M. (2017). Komunikasi antarpribadi dalam menciptakan harmonisasi (suami dan istri) keluarga didesa Sagea Kabupaten Halmahera Tengah. Acta Diurna Komunikasi, 6(2). https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/16203

Kusumawati, T. I. (2019). Komunikasi Verbal dan Nonverbal. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 6(2). 83-98. http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/al-irsyad/article/view/6618




DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.267-289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.