Penerapan Psikologi Kognitif Dalam Mengolah Berita Hoax Di Media Sosial Selama Pandemi Covid-19 Di Kampung Santren Surabaya

Sofia Zaini Kulbi

Abstract


Abstract
Hoax news is considered to be an important problem faced by society today. Along with the covid-19 pandemic, it is possible for someone who is not responsible to misuse social media to spread hoax news about the Covid-19 pandemic for personal benefit. So, the understanding and processing information on social media requires cognitive abilities that each individual must have. This paper will discuss cognitive psychology, covid-19, and the characteristics and types of hoax news. Then the analysis of this paper is to describe how the application of cognitive thinking in processing hoax news during the covid-19 pandemic. The results of this analysis are that people do not get caught up in hoax news, there are 3 stages of cognitive thinking in processing hoax news during the Covid-19 pandemic, the first is the conceptual framework of thinking in seeing news, the
second is thinking logically and critically in analyzing news, and third is making
decisions on a news.

 

Abstrak
Berita hoax dinilai menjadi problematika penting yang sedang dihadapi masyarakat di zaman sekarang. Bersamaan dengan adanya pandemi covid-19, tidak menutup kemungkinan bagi seseorang yang tidak bertanggung jawab untuk menyalahgunakan media sosial guna menebar berita hoax tentang pandemi covid-19 demi keuntungan pribadi. Maka, dalam memahami dan mengolah informasi di media sosial diperlukan cognitive abilities (kemampuan kognitif) yang harus dimiliki oleh setiap individu. Dalam tulisan ini akan diulas mengenai psikologi kognitif, covid-19, serta ciri-ciri dan jenis berita hoax. Kemudian analisis dari tulisan ini adalah menjabarkan bagaimana penerapan pemikiran kognitif dalam mengolah berita hoax selama pandemi covid-19.
Hasil dari analisis tersebut adalah agar masyarakat tidak terjebak ke dalam berita hoax, terdapat 3 tahapan pemikiran kognitif dalam mengolah berita hoax selama pandemi covid-19, yang pertama adalah kerangka konsep berpikir dalam melihat sebuah berita, kedua adalah berpikir logis dan kritis dalam menelaah sebuah berita dan ketiga adalah mengambil keputusan atas sebuah berita.


Keywords


berita hoax; kognitif; covid-19

Full Text:

PDF

References


Ardial. (2014). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi, Jakarta: Bumi Aksara.

Aspikom. (2017). Komunikasi di Era Teknologi Digital, Yogyakarta:

Himpenindo.

Desmita. (2017). Psikologi Perkembangan Peserta Didik, Bandung:

Remaja Rosdakarya.

Diamond, E. (1980). Good News Bad News, Massachusetts: The

Massachusetts Institute of Technology.

Galotti, Kathleen, M (2017). Cognitive Development: Infancy Trough

Adolescence (Second Edition), CA: Sage Publication. Inc.

Sumadiria, H. A. (2016). Hukum dan Etika Media Massa, Bandung:

Simbiosa Rekatama Media.

Monahan, George, E. (2000). Management Decision Making: Spreadsheet Modeling, Analysis, and Application, New York: Cambridge

University Press.

Morris, Charles, G. (1988). Psychology: an Introduction, NJ: Prentice Hall.

Nurhalimah, Siti., dkk. (2019). Media Sosial dan Masyarakat Pesisir,

Jakarta: Deepublisher.

Ormrod, Jeanne, Ellis. (2009). Educational Psychology Developing

Learners Sixth Edition, terj. Wahyu Indiati dkk, Jakarta: Erlangga.

Reed, Stephen, K. (2011). Kognisi: Teori dan Aplikasi, Jakarta: Salemba

Humanika.

Sternberg, Robert, J. (2008). Cognitive Psychology Fourth Edition, Terj.

Yudi Santos, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Slavin, Robert, E. (2011). Educational Psychology: Theory And Practice, 9th Ed, Terj. Marianto Samosir, Jakarta: Hak Cipta Bahasa Indonesia.

Syah, Muhibbin. (2018). Psikologi Belajar. Bandung: Rajawali Press.

__________________. (2005). Psikologi Pendidikan Suatu Pendekatan Baru, Bandung: Remaja Rosdakarya.

___________________. (2016). Telaah Singkat Perkembangan Peserta Didi.,Jakarta Rajawali Press.

Thalib, Syamsul, Bachri. (2010). Psikologi Pendidikan Berbasis Analisis

Empiris Aplikatif. Jakarta: Kencana Prena Media.

Tim Humas, Kemendag. (2016). Panduan Optimalisasi Media Sosial.

Jakarta: PHM Press.

Tohirin. (2008). Psikologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

(Berbasis Integrasi dan Kompetensi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Triantaphyllou, Evangelos. (2000). Multi-Criteria Decision Making

Methods: A Comparative Study Applied Optimization. Dordrecht: Kluwer Academic Publishers.

Pawit, M. Y. (2009). Ilmu Informasi, Komunikasi dan Kepustakaan.

Jakarta: Bumi Aksara.

AD, Yahya. (2018). Konsep Perkembangan Kognitif Perspektif Al-Ghazali

dan Jean Piage. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (EJournal),

(2), 97-104. https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.3501

Adila, I, Weda, W., & Tamitiadin, D. (2019). Pengembangan Model

Literasi Dan Informasi Berbasis Pancasila Dalam Menangkal

Hoax. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(1), 101-111.

https://doi.org/10.32509/wacana.v18i1.721

Afwiyana, N. D., Amrozi, Y., & Falihah, T. (2019). Langkah Cerdas

Bermedia Sosial Di Kalangan Santri Milenial, Saintekbu: Jurnal

Sains Dan Teknologi, 11(2), 39-44. https://doi.org/10.32764/saintekbu.v11i2.361.

Carey, Susan. (2000). The Origin of Concept. Journal of Cognition and

Development, 1(1), 37-41. DOI: 10.1207/S15327647JCD0101N_3

Elston, Dirk, M. (2020). The Coronavirus (Covid-19) Pandemi and Patient Safety. Journal of the American Academy of Dermatology, 82(4),

-820. DOI: 10.1016/j.jaad.2020.02.031

Ekawati, Mona. (2019). Teori Belajar Menurut Aliran Psikologi Kognitif

Serta Implikasinya Dalam Proses Belajar Dan Pembelajaran. ETech:

Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 7(2), 1-12.

https://doi.org/10.24036/et.v7i2.106979

Fadli, Andi. (2018). Etika Dan Tanggung Jawab Jurnalis Studi

Pemberitaan Hoax Melalui Media Online di Kota Makassar.

Jurnalisa, 4(2), 181-195. https://doi.org/10.24252/jurnalisa.v4i2.6893.

Kementrian Komunikasi Dan Infromatika, “Menkominfo: Hoax Itu

Seperti Korupsi Harus Diperangi, Official Website Kementrian

Komunikasi Dan Informatika Republic Indonesia.

Majlis Ulama Indonesia “Fatwa No.24 Tahun 2017 tentang Hukum dan

Pedoman Bermuamalah Melalui Media Sosial”, Official Website Majelis Ulama Indonesia.

Ekopriyono, A. (2018). Pendekatan Kritis Menangkal Hoax. Prosiding

Semateksos 3. Strategi Pembangunan Nasional Menghadapi Revolusi Industri 4.0. IPTEK Journal of Proceedings Series, 5 290297.

http://dx.doi.org/10.12962/j23546026.y2018i5.4448

Ratna, P. (2017). Penjelasan Ilmiah Berita Palsu dan Hoax Menyebar

Cepat. Republika online, 02 Juli.

Nugroho, P. (2015). Pandangan Kognitifisme dan Aplikasinya dalam

Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. ThufuLA:

Jurnal Inovasi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 281-3014.

http://dx.doi.org/10.21043/thufula.v3i2.4734.

Rahadi, D. R. (2017). Perilaku Pengguna Dan Informasi Hoax Di Media

Sosial. Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 5(1), 58-70.

https://doi.org/10.26905/jmdk.v5i1.1342.

Rahmi, S. (2015). Pengaruh Pendekatan Perilaku Kognitif Terhadap

Tingkat Penyesuaian Diri Siswa Di Kelas VII SMP Negeri 29

Makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(1), 28-38.

https://doi.org/10.26858/jpkk.v1i1.1354

Rayani, D., & Purqoti, Dewi N. S. (2020). Kecemasan Keluarga Lansia

Terhadap Berita Hoax Dimasa Pandemi Covid- 19. Jurnal Realita, 5(1), 906-912.

Rusyana A. Y., & Supriyadi, D. (2020). Fatwa Penyelenggaran Ibadah di

Saat Pandemi Covid-19 di Indonesia Dan Mesir. Perbandingan

Mazhab dan Hukum. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sutarso, J. (2019). Menggunakan Media Sosial Dengan Bijak Untuk

Menghindari Penyebaran Berita Hoax di Kalangan Masyarakat. The 10th University Research Colloqium. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Muhammadiyah Gombong.

Zirbel, E. L. (2014). Learning, Concept Formation, and Conceptual

Change. Tuft University Journal.

Zulfah, S. (2018). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi

Lingkungan (Studi Kasus Kelurahan Siti Rejo I Medan). Jurnal online.

Informan:

Bapak Agus, Salim, ketua RT Kampung Santren Surabaya.

Bapak Qoyyum, Tokoh Agama Islam Kampung Santren Surabaya.

Para Warga Ibu-Ibu Kampung Santren Surabaya.




DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v2i2.171-198

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Creative Commons License Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.