Kebijakan Dosen Mengurangi Plagiarisme pada Karya Ilmiah Mahasiswa
Abstract
Abstract:
The purpose of this study is to determine the lecturer's policies in reducing the
plagiariasm of students' scientific work. This type of research is field research
with a qualitative descriptive approach. policies that can be done by lecturers to
reduce plagiarism including; (1). Giving a learning contract letter that contains
points prohibiting plagiarism during the learning process. (2). providing
education and outreach about what is plagiarism. (3). Providing sanctions in the
form of verbal and written reprimands so that students do not commit plagiarism.
(4). Returning plagiarism papers to be revised. (5). postponement or even
cancellation of value if the paper is proven to be the result of plagiarism. The
results of this research: (1). Students who originally have a lot of copy paste
began to decrease in percentage. (2). students who originally can not quote and
paraphrase now begin to understand and apply how to quote good and right.
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijakan dosen dalam
mengurangi plagiariasme karya ilmiah mahasiswa. Jenis penelitian adalah
field research dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Kebijakan yang bisa
dilakukan oleh dosen pengampu untuk mengurangi plagiarisme diantaranya;
(1). Memberikan surat kontrak pembelajaran yang berisi poin larangan
melakukan plagiat selama proses pembelajaran. (2). Memberikan edukasi dan
sosialisasi tentang apa itu plagiarism. (3). Memberikan sanksi berupa teguran
lisan dan tertulis agar mahasiswa tidak melakukan plagiat. (4). Mengembalikan
makalah hasil plagiat untuk direvisi. (5). Penundaan atau bahkan pembatalan
nilai apabila makalahnya terbukti hasil plagiat. Adapun hasil penelitiannya: (1).
Mahasiswa yang semula banyak copy paste mulai berkurang persentasenya. (2).
Mahasiswa yang semula tidak bisa mengutip dan parafrase sekarang mulai
paham dan menerapkan bagaimana cara mengutip yang baik dan benar.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arifin, E. Z. (2003). Dasar-dasar Penulisan Karangan ilmiah. Jakarta: PT Grasindo.
Arikunto, S. (1995). Dasar – Dasar Research. Bandun: Tarsoto.
Aziz, L. A., Irhandayaningsih, A., & Kurniawan, A. T. (2015). Upaya
Mengurangi Plagiarisme karya Ilmiah di UPT Perpustakaan UNIKA Soegiyapranata. Jurnal Ilmu Perpustakaan UNDIP, 4, (3),
-12. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/9733
/9454.
Brotowidjoyo, M. D. (1985). Penulisan Karangan Ilmiah. Jakarta:
Akademika Pressindo.
Harliansyah, F. (2017). Plagiarsm dalam Karya Ilmiah dan langkah
Strategis Pencegahannya. Malang: UIN Malang.
Hermawan, A. (2019). Pengantar Psikologi Dakwah. Kudus: Yayasan Hj. Kartini
Moleong, L. J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Multiatin, N. (1999). Penulisan Karya Ilmiah. Malang: Fakultas Ilmu
Keguruan Universitas Negeri Malang.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 17 Tahun 2010 tentang
Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi.
Prasetya, L. H. (2012). Hati-Hati Plagiarisme. ITS NEWS,
https://www.its.ac.id/news/2012/03/15/hati-hatiplagiarisme-2/
diakses 10 Januari 2019.
Putra. (2011). Kiat Menghindari Plagiarisme. Jakarta: Indeks
Reitz, J. M. (1994). Online Dictionary for Library and Information
Science. http://www.abc-clio.com/ODLIS/odlis_p.aspx.
Ridhatillah, A. (2003). Dealing with Plagiarism in The Information
System Research Community That Drive Plagiarism: A Look at
Factors That drive Plagiarsm and ways to Address Them. Jurnal
MIS Quarterly, 27, (24), 511-532.
Soelistyo, H. (2011). PLAGIARISME: Pelanggaran Hak Cipta dan Etika.
Yogyakarta: KANISIUS.
Supriadi, D. (1998). Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Yogyakarta:
Adicita Karya Nusa.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang
Guru dan Dosen.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2002 tentang Hak
Cipta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang
Sistem Pendidikan Nasional.
Wibowo, A. (2012). Mencegah dan Menanggulangi Plagiarisme di Dunia
Pendidikan. Jakarta: Fakultas Kesehatan UI.
Internet:
Soetanto, H. (2014). Memahami Plagiarisme Akademik.
http://ppikid.ub.ac.id/wp.content/upload/2014/plagiarismeAkademik-diakses 14 Januari 2019.
https://news.okezone.com/read/2011/09/04/373/498518/waspadacyber-plagiarisme-skripsi-meningkat.
https://www.tribunnews.com/nasional/2014/06/04/dosen-lebih-suka
menjiplak-tahun-lalu-ada-808-kasus-plagiarisme
https;//id.m.wikipedia.org.wiki.
DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v1i2.264-284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology
Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.