Model Dakwah dalam Pelayanan Pasien
Abstract
Abstract
This Research aimed at knowing the model of Da'wah in patient service
conducted in the public hospital of Salatiga and hospital of Dr. Asmir
Salatiga.this research Used a qualitative research approach. The results of
this research showed that (1) the Patient service of counselors given by
RSUD Salatiga had been conducted since 2010. With a seven-person
counselor. The Model of Da'wah was used in serving the patient guidance by
promoting religious spirituallitas such as dhikr, prayers and so on. (2) The
implementation of Da'wah conducted by the hospital of Dr. Asmir Salatiga
to the needs of the patients when requiring counseling for psychiatric, or
sedative ruhani when they abused by many severe diseases, or some other
problems, such as conducting guidance or direction which was of nature to
make comfort in the psychic patients.
Abstrak
Penelitian bertujuan untuk mengetahui model dakwah dalam pelayanan
pasien yang dilaksanakan di rumah sakit umum daerah Salatiga dan
rumah sakit dr. Asmir Salatiga. Dengan menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1)
Pelayanan pasien konselor yang diberikan oleh RSUD Salatiga sudah
dilakukan sejak tahun 2010. Dengan tenaga konselor berjumlah tujuh
orang. Model dakwah yang digunakan dalam melayani pasiennya
bimbingan dengan mengedepankan spirituallitas agama seperti dzikir,
doa dan sebagainya. (2) Pelaksanaan dakwah yang dilakukan oleh pihak
rumah sakit dr Asmir Salatiga terhadap kebutuhan pasien ketika
membutuhkan konseling bagi kejiwaan, atau penenang ruhani mereka
saat dirundung banyak penyakit yang berat, atau beberapa masalah yang
lainnya, misalnya melakukan bimbingan atau arahan yang sifatnya untuk
membuat kenyamanan dalam psikis pasien.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amin, S. M. (2009). Ilmu Dakwah. Jakarta: Hamzah.
Arifin, I. Z & Satriah, L. (2018). Model Dakwah bi al-Irsyād untuk
Pemeliharaan Kesehatan Mental Spiritual Pasien di Rumah Sakit.
Academic Journal for Homiletic Studies, 12, (1), 99-120. DOI:
15575/idajhs.v12i1.1908
Arifin, I. Z. (2012). Bimbingan dan Konseling Islam untuk Pasien Rawat
Inap di Rumah Sakit. Academic Journal for Homiletic Studies, 6, (1),
-194. DOI: https://doi.org/10.15575/idajhs.v6i1.332
Gade, S., & Don, Hj. G. A. (2015). Model Dakwah: Satu Analisis Teoritikal. Ulum Islamiyyah The Malaysian Journal of Islamic Sciences, 16, 23-41. http://www.myjurnal.my/public/article-view.php?id=91912
Hardjodisastro, D. (2006). Menuju seni Ilmu Kedokteran: bagaimana
dokter berpikir, bekerja, dan menampilkan diri. Jakarta: PT. Gramedia
Pustaka Umum.
Hawari, D. (2011). Manajemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta: Balai Penerbit FKUI.
Hidayanti, E. (2014). Dakwah pada Setting Rumah Sakit: (Studi Deskriptif Terhadap Sistem Pelayanan Bimbingan Konseling Islam Bagi Pasien Rawat Inap di RSI Sultan Agung Semarang). Jurnal Bimbingan
Konseling Islam, 5, (2). DOI 10.21043/kr.v5i2.1049.
Ismainar, H. (2013). Administrasi kesehatan Masyarakat. Seleman
Yogyakarta: Penerbit Deepublish (CV. Budi Utama).
Kusnanto. (2005). Pengantar profesi & praktik keperawatan profesional. Jakarta: EGC.
Lestari, P. R. T. (2014). Harapan atas Profesi Keperawatan di Indonesia.
Jurnal Kajian, 11, (1), 51-52. https://jurnal.dpr.go.id/index.php/kajian/article/view/548/443.
Mahmud, A. (2008). Tehnik Simulasi dan Permodelan. Yogyakarta:
Universitas Gajah Mada.
Nafsiah, S. (2000). Prof. Hembing pemenang the Star of Asia Award:
Pertama di Asia Ketiga di Dunia. Jakarta: Prestasi Insan Indonesia.
Pohan, I. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit
Buku Kedokteran ECG.
Republik Indonesia. (2004). Undang-Undang RI Nomor 29 Tahun 2004
tentang Praktik Kedokteran.
Republik Indonesia. (2009). Undang-Undang RI Nomor 44 Tahun 2009
tentang Rumah Sakit.
Ridla, M. R. Rifa'I, A., & Suisyanto. (2017). Pengantar Ilmu Dakwah:
Sejarah, Perspektif, dan ruang Lingkup. Yogyakarta: samudra Biru.
Saputra, W. (2011). Pengantar Ilmu Dakwah. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Simatupang, E. J. (2008). Manajemen Pelayanan Kebidanan. Jakarta: EGC.
Sudarwan, D. (2002). Menjadi Peneliti Kualitatif. Bandung: Pustaka Setia.
Wilhamda. (2011). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan
Keperawatan di Rumah Sakit Umum Haji Medan. Program Dtudi
Diploma III Keperawatan Haji Medan, Skripsi (tidak di tampilkan).
Internet
http://rsud.salatiga.go.id/
http://salatigakota.go.id/InfoBerita.php?id=937
DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v1i2.215-242
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 IJIP : Indonesian Journal of Islamic Psychology
Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.