Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Pendekatan Rational Emotive Behavior Therapy di Sekolah

Sri Purwaningsih

Abstract


Abstract

This study aimed at improving the adaptation of class X students of MTA high schools who lived in the dormitory for the 2015/2016 academic year. This research was conducted in the even semester of the academic year 2015/2016 in SMA MTA Surakarta. The subjects of this study were the 10th grade students of SMA MTA Surakarta in 2015/2016, totaling 10 female students who lived in the dormitory. This research was a guidance and counseling action research consisting of 2 cycles. The steps in each cycle consisted of planning, action, observation and reflection. Data analysis was performed using comparative descriptive analysis which compared the level of student adjustment between cycles and with performance indicators, also conducted observations and interviews with qualitative descriptive analysis based on observations and reflections.

 

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan penyesuaian diri siswa kelas X SMA MTA yang tinggal di asrama tahun pelajaran 2015/2016.  Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2015/2016 di SMA MTA Surakarta. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA MTA Surakarta Tahun 2015/2016, berjumlah 10 orang siswa putri yang tinggal di asrama. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan dan konseling yang terdiri dari 2 siklus. Langkah-langkah dalam setiap siklus terdiri dari perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation) dan refleksi (reflection). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisa deskriptif komparatif yaitu membandingkan tingkat penyesuaian diri siswa antar siklus maupun dengan indikator kinerja, juga dilakukan observasi maupun wawancara dengan analisis deskriptif kualitatif berdasarkan hasil pengamatan dan refleksi.


Keywords


adjustment; group counseling; rational emotive behavior therapy

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. 2001. Metode Penelitian, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Calhoun, JF & Acocella, JR. 2007. Psikologi tentang Penyesuaian Diri dan Hubungan Kemanusiaan, edisi ketiga. Alih bahasa oleh Satmoko. New York: Mc GrawHill.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi kedua Balai Pustaka.

Dinas pendidikan. 2006. Program Pengembangan Diri Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Dikmenum.

______________.2002. Panduan Pelayanan Bimbingan dan Konseling Berbasis Kompetensi. Jakarta: Dikmenum.

Kartono, K. 2003. Hygiene Mental, Bandung: Mandar Maju.

Nelson R, Jones. 2011. Teori dan Praktik Konseling dan Terapi, edisi keempat. Jogjakarta: Pustaka Pelajar.

Semiun, Y. 2008. Pandangan Umum mengenai Penyesuaian Diri dan Kesehatan Mental serta Teori-teori yang terkait. Yogyakarta: Kanisius.

____________ 2012. Hubungan Pola Asuh Demokratis Dan Kemandirian Dengan Penyesuaian Diri Siswa Di Asrama, Thesis (tidak diterbitkan) Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Suharsimi Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Sukardi, Dewa Ketut. 2000. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Sutrisno Hadi. 1975. Bimbingan Menulis skripsi Thesis. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press.

Winkel. W. S dan Hastuti, Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Media Abadi.

Zuraida Lubis, Sakinah Hasibuan, 2017. “Pengaruh Layanan Konseling Kelompok pendekatan Behavioristik Teknik terhadap penyesuaian diri dengan teman sebaya Mahasiswa BK Non Reguler 2016 FIP UNIMED TA 2016/2017”. Universitas Negeri Medan.




DOI: https://doi.org/10.18326/ijip.v1i1.1-18

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Indonesian Journal of Islamic Psychology




Creative Commons License Indonesian Journal of Islamic Psycology is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.