Determinant on the decision to purchase Gacoan with halal labelization as a moderating variable

Nasrullah Ali, Abdul Aziz Nugraha Pratama

Abstract


The purpose of study this is for analyze as well as get results from determinant on purchasing decisions on Gacoan Salatiga city. Quantitative Methods used with simple random sampling as technique sample. As for the results from analysis the show that price has an effect in a way negative and significant on purchasing decisions; taste matters in a way positive and significant on purchasing decisions; brand image matters in a way positive and significant on purchasing decisions; halal labeling is not capable moderate the influence of price on purchasing decisions; halal labeling is not capable moderate the influence of taste on purchasing decisions; halal labeling is possible moderate the influence of brand image on purchasing decisions.

Keywords


brand image; buying decision; halal labeling; price; taste

Full Text:

PDF

References


Amalia, A. (2019). Analisis Pengaruh Labelisasi Halal, Harga, Dan Personal Selling Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Di Salatiga Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening. Thesis. UIN Salatiga.

Anggraeni, A. R., & Soliha, E. (2020). Kualitas produk, citra merek dan persepsi harga terhadap keputusan pembelian (Studi pada konsumen Kopi Lain Hati Lamper Kota Semarang). Al Tijarah, 6(3), 96-107. https://doi.org/10.21111/tijarah.v6i3.5612.

Annibras, A. A. (2023). Analisis Pengaruh Cita Rasa, Variasi Produk, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Beli Ulang Di Mie Gacoan Cabang Kartasura. Skripsi. IAIN Surakarta.

Azahari, A., & Hakim, L. (2021). Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis Universitas Riau Kepulauan, 1(4), 553–564. https://doi.org/10.33373/jmob.v1i4.3779.

Cahyani, P. D., Utami, N., & Lestari, S. B. (2022). Pengaruh Word of Mouth, Kesadaran Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Mie Gacoan di Yogyakarta). Jurnal Valuasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Manajemen dan Kewirausahaan, 2(2), 851–866. https://doi.org/10.46306/vls.v2i2.114.

Dilasari, E. M., Yosita, G., & Sanjaya, V. F. (2022). Pengaruh Cita Rasa dan Promosi Melalui Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Kopi Janji Jiwa Bandar Lampung. REVENUE: Jurnal Manajemen Bisnis Islam, 3(1), 25–42. https://doi.org/10.24042/ revenue.v3i1.10448.

Kurniawan, H. D. (2018). Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ekobis Dewantara, 6(1), 1–8.

Faradhilla, N. A. (2021). Pengaruh Merek, Harga, Kualitas Produk dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Halal dengan Religiusitas Sebagai Variabel Intervening. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Gunarsih, C. M., Kalangi, J. A. F., & Tamengkel, L. F. (2021). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Toko Pelita Jaya Buyungon Amurang. Productivity, 2(1), 69–72.

Ismaulina, I. (2020). Pengaruh Labelisasi-Halal, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mie Instant Indomie. MANAJERIAL: Jurnal Manajemen dan Sistem Informasi, 19(2), 185–197. https://doi.org/10.17509/manajerial.v19i2.23736.

Laviana, R. (2019). Pengaruh Harga dan Labelisasi Halal Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Kota Banda Aceh. Skripsi. UIN Ar-Raniry.

Mahendra, A. (2020). Analisis Pengaruh Pengeluaran Pemerintah Sektor Pendidikan dan Kesehatan, Inflasi dan Kemiskinan Terhadap Indeks Pembangunan Manusia Dengan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Variabel Moderating di Indonesia. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 20(2), 174–186. https://doi.org/10.54367/jmb.v20i2.1010.

Maimunah, S. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Harga, Cita Rasa Terhadap Kepuasan Konsumen dan Loyalitas Konsumen. IQTISHADequity Jurnal Manajemen, 1(2), 57–68. https://doi.org/ 10.51804/iej.v1i2.542.

Melda, M., Arini, E., & Yulinda, A. T. (2020). Pengaruh Keragaman Produk, Cita Rasa dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. JEMS: Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 1(2), 143–149. https://doi.org/10.36085/jems.v1i2.918.

Pratama, A. A. N., & Cahyono, E. (2021). Metodologi Penelitian Bisnis Dengan Pendekatan Kuantitatif. Yogyakarta. LaksBang PRESSindo.

Rachmawati, S. D., & Andjarwati, A. L. (2020). Pengaruh Kesadaran Merek dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian. E-Journal Ekonomi Bisnis dan Akuntansi, 7(1), 25-29. https://doi.org/ 10.19184/ejeba.v7i1.14849.

Resky, D. (2022). Pengaruh Cita Rasa, Desain dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Minuman Gelas Ale-Ale. JEMS: Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 3(1), 38–48. https://doi.org/ 10.36085/jems.v2i2.1645.

Salsabila, A., & Maskur, A. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, Persepsi Harga dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Mie Gacoan (Studi Pada Pelanggan Mie Gacoan di Kota Semarang). SEIKO: Journal of Management & Business, 5(1), 156–167. https://doi.org/10.37531/sejaman.v5i1.1902.

Sari, F. N., & Mulyani, I. D. (2021). Pengaruh Cita Rasa dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Kerupuk Udang Sinar Jaya Kaligangsa Brebes. Journal Economics and Management, 2(1), 19–27. https:// doi.org/10.46772/jecma.v2i1.612.

Sari, R. M., & Prihartono. (2020). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Survey Pelanggan Produk Sprei Rise). JIMEA: Jurnal Ilmiah Manajemen Ekonomi dan Akuntansi, 4(1), 106–113. https://doi.org/10.31955/mea.v5i3.1573.

Siregar, A. H., Ritonga, Z., Hasibuan, D., & Labuhanbatu, U. (2021). Pengaruh Citra Merek, Cita Rasa, dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Pada Pelanggan Roket Chicken Kaliwungu. COSTING: Journal of Economic, Bussines and Accounting, 3(1), 22–33. https://doi.org/10.31539/costing.v6i2.5365.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Suyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Sleman. Literasi Media.

Maknunah, L. U., & Apriliyaningsih, D. R. (2020). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus di Galeri Jenang Kelapa Sari Rejowinangun Blitar). Translitera: Jurnal Kajian Komunikasi Dan Studi Media, 9(2), 1–11. https://doi.org/10.35457/ translitera.v9i2.945.

Wulandari, E. E. P. (2021). Pengaruh Lokasi, Inovasi Produk, dan Cita Rasa Terhadap Keputusan Pembelian Pada Eleven Cafe di Kota Bengkulu. JEMS: Jurnal Entrepreneur dan Manajemen Sains, 2(1), 74–86. https://doi.org/10.36085/jems.v2i1.1379.

Puspita, Y. D. & Rahmawan, G. (2021). Pengaruh Harga, Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian Produk Garnier Influence of Prices, Product Quality and Brand Image on Garnier Product Purchase Decisions. Jurnal Sinar Manajemen, 8(2), 98–104. https://doi.org/10.56338/jsm.v8i2.1644.




DOI: https://doi.org/10.18326/ijier.v5i2.9782

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Indonesian Journal of Islamic Economics Research

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Indonesian Journal of Islamic Economics Research, p-ISSN 2686-5076 l e-ISSN 2714-5751

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

           

Web Analytics Made Easy - StatCounter