PERSEPSI GURU TENTANG PENGGUNAAN BLOG UNTUK PEMBELAJARAN

Miftach udin

Abstract


Penelitian ini ditujukan untuk menjawab pertanyaan mengenai ‘Bagaimana persepsi guru tentang penggunaan blog untuk pembelajaran’. Dengan menggunakan metode qualitatif, penelitian ini dilaksanakan secara intiutif, subjectif, dan mendalam. Dari seleksi responden dari para dosen di IAIN (Institut Agama Islam Negeri) Salatiga, terpilih dua orang yang bersedia dan telah menggunakan weblog. Mereka berperan sebagai subjek penelitian sekaligus sebagai representasi dari populasi yang lebih besar yaitu dosen di IAIN Salatiga. Data penelitian diperoleh dari data primer berupa arsip tulisan weblog para responden. Sedangkan data sekunder dikumpulkan dari kuisioner tertutup. Dari analisa dan interpretasi, penelitian ini menyimpulkan tentang potensi penggunaan weblog, dan guru ternyata secara positif menyatakan bahwa weblog dapat digunakan dalam pembelajaran. Mereka mengatakan weblog mampu memfasilitasi untuk praktek dalam bidang menulis, membaca, dan meningkatkan perbendaharaan kata, serta menyimpan pengalaman-pengalaman belajar. Fasilitas pengolah kata yang disematkan dalam weblog seperti menyimpan, mengedit, dan merevisi sangat membantu guru dalam mengolah isi dari weblog tersebut sehingga mereka terhindar dari pemborosan sumber daya dalam menulis serta mendorong mereka untuk menulis lebih banyak lagi. Mereka juga menemukan bahwa weblog mudah untuk diurus, menyenangkan dan memotivasi. Akan tetapi, ada perbedaan antara persepsi dan praktek penggunaan weblog dalam pengajaran; yaitu guru menyatakan weblog memiliki potensi sebagai alat untuk pembelajaran, akan tetapi pada prakteknya mereka tidak secara terus menerus dan teratur dalam menulis dan mengembangkan weblog tersebut. Untuk penelitian selanjutnya, perlu adanya eksplorasi tentang penyebab perbedaan persepsi dan praktek guru dalam penggunaan weblog untuk pembelajaran. Selain itu topik penelitian tentang motivasi guru untuk terus konsisten menggunakan weblog untuk pembelajaran juga perlu untuk dilakukan sebagai bahan penelitian ke depannya.

 

This research aims to answer a question ‘What is teacher perception in the use of weblog for teaching?’ By applying qualitative method, this research is conducted intuitively, subjectively, and deeply. From the selection respondent process of lecturers of IAIN (State Islamic Institute) Salatiga, there are two participants who are willing and manage weblog. They become the research subjects and respectively the representation of larger scale namely lecturers of IAIN Salatiga. The research data are populated from two sources. The primary data are derived from archives of teacher weblog. On the other hand, the secondary data are collected from the responses of the closed questionnaire. This research has revealed the potential use of weblog and teacher positive responses about the use of weblog for teaching. They assert that the weblog serves the practice of writing, reading, and vocabulary and recording learning experience. The facilities of word processor such as save, edit, and revise help them avoid the laborious effort in writing and drive to write more. They find that the weblog is easily maintained, exciting, and motivating. However, there is a gap between their perception and empirical practice of the use of weblog for teaching; they positively respond about the potential use of weblog for teaching, but they do not simultaneously and regularly post and develop their weblogs. For further work, the study on the discrepancy between the teachers’ perception and their empirical performance of the use of weblog for teaching need to be explored. Besides that, the topic on teachers’ motivation in consistent use of weblog for teaching is also worthwhile to be conducted in the future.

 

Kata kunci: Persepsi, Weblog, Pembelajaran

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v26i0.233-256

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------

P-ISSN: 0215-9996

E-ISSN: 2655-4844


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Technical Support: tarbiyah.ftik@gmail.com