MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KREATIVITAS SISWA DENGAN METODE CO-OP CO-OP DAN STRATEGI PENINJAUAN KEMBALI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa dengan menggunakan metode co-op co-op dan strategi peninjauan kembali pada pembelajaran matematika siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IIS 1 di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menggunakan metode co-op co-op dan strategi peninjauan kembali. Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 3 siklus yang masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Data diperoleh dari lembar observasi, catatan lapangan, angket keaktifan dan kreativitas siswa, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan metode co-op co-op dan strategi peninjauan kembali dapat meningkatkan keaktifan dan kreativitas siswa.
This research aims to enhance the activity and creativity of the students using the Co-op Co-op and Review Strategy of the mathematics class XI IIS 1 in SMA Negeri 2 Yogyakarta. This type of research is the Classroom Action Research (PTK). The subjects were students of class XI IIS 1 in SMA Negeri 2 Yogyakarta. The object of this research is the implementation of learning mathematics by using co-op co-op and strategic reconsideration. Classroom Action Research is carried out in three cycles, each cycle consisting of two meetings. The data were obtained from observation checklist, field notes, questionnaires of students’ activeness and creativity, interviews with students and teachers, and documentation. Data analysis was performed with data reduction, data presentation, and conclusion. The results showed that using the Co-op Co-op and Review Strategy could enhance the activeness and creativity of the students.
Kata kunci: metode Co-op Co-op, strategi Peninjauan Kembali, keaktifan dan kreativitas
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v26i0.205-232
Refbacks
- There are currently no refbacks.
----------------------------------------------------------
P-ISSN: 0215-9996
E-ISSN: 2655-4844
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
Technical Support: tarbiyah.ftik@gmail.com