Optimalisasi pembelajaran IPA/Fisika terintegrasi dengan visualisasi isyarat ilmiah Qs. al-A’raf ayat 54
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi isyarat ilmiah yang terdapat pada QS. Al-A’raf ayat 54, dan software yang dapat digunakan untuk memvisualisasikannya. Data dikumpulkan melalui studi literatur dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada QS. Al-A’raf ayat 54, terdapat penggalan ayat: يُغۡشِى ٱلَّيۡلَ ٱلنَّہَارَ يَطۡلُبُهُ : Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat. Penggalan ayat tersebut dapat dibaca takhfif yakni yughshi dan dibaca tasydid, yakni yughashshi. Penggalan ayat tersebut diartikan keduanya itu saling menutupi yang lain silih – berganti (yang mengikutinya) masing-masing di antara keduanya itu mengikuti yang lainnya dengan cepat. Pada penggalan ayat tersebut mengandung isyarat ilmiah tentang rotasi yang dapat diindera dengan adanya gerak semu harian matahari, bertambah dan berkurangnya intensitas cahaya matahari di bumi ketika tengah malam, fajar kadzib (zodiacal light), fajar shadiq (twilight), pagi, siang, tengah hari, sore, senja, dan malam. Peristiwa rotasi tersebut dapat divisualisasikan dengan animasi menggunakan software Microsof excel, Microsoft powerpoint, Macromedia flash, Phet, dan Modellus. Dengan demikian pembelajaran IPA/Fisika yang terintegrasi menjadi lebih optimal.
This study aims to identify scientific cues found in Qs. al-A'raf verse 54, and software that can be used to visualize it. Data obtained through literature studies with descriptive analysis. The results showed that in Qs. al-A'raf verse 54, there is a fragment of the verse: يُغۡشِى ٱلَّيۡلَ ٱلنَّہَارَ يَطۡلُبُهُ (translated: He closed the night to noon). The fragment of the verse can be read takhfif i.e. yughshi, (read tasydid: yughashshi). The fragment of the verse means that both of them cover each other one another - alternately (which follows) each of them follows the other quickly. In the verse contains scientific signals about the rotation and revolution of the earth that can be sensed by the daily pseudo motion of the sun, increasing and decreasing the intensity of sunlight on earth at midnight, dawn of kadzib (zodiacal light), dawn of shadiq (twilight), morning, afternoon, midday, evening, dusk and night. Rotation and revolution events can be visualized with animations using Microsoft Excel software, Microsoft Powerpoint, Macromedia Flash, Phet, and Modellus. Thus integrated science learning becomes more optimal.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v27i0.78-94
Refbacks
- There are currently no refbacks.
----------------------------------------------------------
P-ISSN: 0215-9996
E-ISSN: 2655-4844
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga
Technical Support: tarbiyah.ftik@gmail.com