PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR DAN SOSIAL SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH

Khulatul Lutfiah

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik komparatif. Desain penelitian berbentuk quasi eksperimen dengan melibatkan dua kelompok subyek penelitian yakni kelas kontrol dan kelas eksperimen. Tujuan yang ingin dicapai adalah mengetahui implementasi model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS, mengetahui keterampilan berpikir siswa, keterampilan sosial siswa dan pengaruh implementasi model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS terhadap peningkatan keterampilan berpikir dan sosial siswa. Berdasarkan analisi data dan pembahasannya maka diperoleh hasil bahwa: penerapan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran IPS mengalami peningkatan sebesar 29% ke dalam kategori tinggi atau sangat baik; keterampilan berpikir siswa dan keterampilan sosial siswa sebelum diberi perlakuan dengan model pembelajaran inkuiri tidak menunjukkan perbedaan yang signifikan, akan tetapi setelah diberi perlakuan terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol; implementasi model pembelajaran inkuiri memberikan kontribusi positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir siswa sebesar 28% dan keterampilan sosial siswa meningkat sebesar 29%.

 

This research is a quantitative research using comparative technique. The study design was in the form of quasi experiment involving two groups of research subjects namely control class and experimental class. The objectives to be achieved are to know the implementation of inquiry learning model in IPS subjects, to know the students 'thinking skill, the social skill of the students and the influence of the implementation of the inquiry learning model in the social studies subjects to the improvement of students' thinking and social skills. Based on data analysis and discussion it is obtained that: the application of inquiry learning model in subjects of IPS has increased by 29% into the category of high or very good; students' thinking skills and social skills before being treated with inquiry model did not show any significant difference, but after being treated there was a significant difference between the experimental class and the control class; the implementation of the inquiry learning model contributed positively to the improvement of students 'thinking skills by 28% and the students' social skills increased by 29%.

 

Kata kunci: model pembelajaran inkuiri, keterampilan berpikir, keterampilan sosial.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v26i0.309-337

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------

P-ISSN: 0215-9996

E-ISSN: 2655-4844


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Technical Support: tarbiyah.ftik@gmail.com