MODEL PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS SISWA MADRASAH TSANAWIYAH

Khaya tun

Abstract


Keterampilan berbahasa Indonesia siswa cenderung masih rendah dan belum optimal, khususnya keterampilan menulis teks berita. Sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang dapat mengoptimalkan kemampuan tersebut, salah satunya dalah dengan menggunakan model pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data diperoleh dari dua bentuk penilaian yaitu (1) bentuk tes dan (2) bentuk nontes, dengan tujuan untuk mengukur peningkatan keterampilan menulis teks berita dengan model pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis pada peserta didik kelas VIII A MTs. NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus. Analisis akhir dalam penelitian ini diketahui bahwa keterampilan menulis teks berita dengan model pembelajaran Berpikir Berbicara Menulis pada peserta didik kelas VIII A MTs. NU Hasyim Asy’ari 03 Kudus didapati adanya peningkatan dari prasiklus ke siklus I mengalami peningkatan nilai sebesar 7,7%, sedangkan dari siklus I ke siklus II mengalami peningkatan nilai sebesar 10,2%. Untuk perilaku peserta didik mulai siklus I ke siklus II mengalami perubahan ke arah positif.

 

Indonesian language skills of students tend to be low and not optimal, especially the skills of writing news text. So it takes a learning model that can optimize the ability, one of the learning model is Think Talk Write. This research was a classroom action research. Data collection methods used in this study were planning, action, observation, and reflection. Data collections were mainly derived from two forms of assessment (1) test form and (2) non-test form, with the aim to measure the improvement of news text writing skills using Think Talk Write model for students of class VIII A MTs. NU Hashim Asy'ari 03 Kudus. Findings of the study on the students’ writing skill using Think Talk Write showed that there was an increase obtained from pre-cycle to cycle I for about 7.7%, and from cycle I to cycle II around 10.2% increase. For the behavioral point of view, the students tend to change (to some extent) in a positive direction from cycle I to cycle II.

 

Kata kunci: keterampilan menulis, teks berita, pembelajaran think talk write


Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.18326/tarbiyah.v26i0.257-282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------

P-ISSN: 0215-9996

E-ISSN: 2655-4844


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Technical Support: tarbiyah.ftik@gmail.com