Penggunaan Media Film dalam Layanan Informasi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa

Burhan Effendi

Abstract


Peneliti menmukan kondisi awal siswa malu dan rendah diri berkaitan dengan motivasi belajar. Siswa cenderung diam dan takut ketika peneliti mengadakan bimbingan konseling di kelas. Kemudian mulailah peneliti untuk mengadakan penelitian guna mengetahui apakah terjadi peningkatan motivasi belajar siswa dengan bantuan media pemutaran film. Pada siklus I hanya sebanyak 55% siswa yang aktif. Prosentase ini didapat dari hasil observasi kekativan siswa dalam kegiatan layanan informasi bermediakan pemutaran film. Prosentasi ini masih tergolong kurang. selain itu, data angket siswa menunjukkan rata-rata siswa memperoleh nilai 59,07. Nilai skor rata-rata ini menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa masih tergolong rendah. oleh karenya pada siklus II, peneliti mengadakan perbaikan kegiatan pada siklus II. Kegiatan perbaikan ini berdasarkan pada data lembar angket siswa di siklus I dan lembar observasi siswa. Pada siklus II, peneliti mengadakan perbaikan dengan cara adanya tanya jawab interaktif dari siswa kepada peneliti terkait dengan pemutaran film dan hubungannya dengan motivasi belajar. Dan hasilnya pun sangat memuaskan. Pada siklus II sebanyak 82,14% aktif dalam kegiatan layanan informasi bermediakan pemutaran film inspiratif. Selain itu data yang berasal dari angket siswa menunjukkan adanya peningkatan pada rerata nilai skor yang diperoleh siswa saat menjawab lembar angket siswa, yakni sebanya 76,68.

Keywords


Film; layanan informasi; motivasi; belajar siswa

Full Text:

PDF

References


Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi belajar sebagai determinan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. DOI:10.17509/jpm.v4i1.14958

Arianti. (2019). Peranan Guru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. DIDAKTIKA: Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. DOI: 10.30863/didaktika.v12i2.181

Arsyad, A. (2008). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Eftila, E. B. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas Xii Ipa 1 Sma Negeri 1 Pasir Penyu Melalui Penggunaan Media Film Dokumenter. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 606–618

Imron, I. (2019). Analisa Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Menggunakan Metode Kuantitatif Pada CV. Meubele Berkah Tangerang. Indonesian Journal on Software Engineering (IJSE), 5(1), 19–28. DOI:10.31294/ijse.v5i1.5861

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441-451. DOI:10.24832/jpnk.v20i4.156

Ningrat, S.P., Tegeh, I. M., & Sumantri, M. (2018). Kontribusi Gaya Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 2(3), 257-265. DOI:10.23887/jisd.v2i3.16140

Nurmala, D.A., Tripalupi, L.E., & Suharsono, N. (2014). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan, 4(1), 1-10. DOI:10.23887/jjpe.v4i1.3046

Palittin, I. D., Wolo, W., & Purwanty, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Fisika. MAGISTRA: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 6(2), 101–109. DOI:10.35724/magistra.v6i2.1801

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Video Call dalam Teknologi Komunikasi. Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2), 202–224.

Prayitno & Amti, E. (2004). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Purwoko, B. (2008). Organisasi dan Managemen Bimbingan Konseling. Surabaya: Unesa University Press.

Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak Minat dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 2(2), 188-201. DOI:10.17509/jpm.v2i2.8108

Robson, M. (2016). Action research: principles and practice. In Action Learning: Research and Practice, 13,(3). 283-285. DOI:10.1080/14767333.2016.1220174

Suharni & Purwanti. (2018). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 131-145. DOI:10.31316/g.couns.v3i1.89

Suharno. (2008). Bimbingan dan konseling di SMP. Solo: Central Wahana Ilmu




DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v2i1.59-68

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Burhan Effendi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License