Peran Pembina Pengembangan Diri melalui Rohani Islam (Rohis) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Salatiga

Mushbihah Rodhiyatun

Abstract


Pengembangan diri dalam bentuk ekstrakurikuler mengandung arti didalamnya terjadi verifikasi program berbasis bakat dan minat yang memerlukan pelayanan pembinaan khusus sesuai dengan keahliannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya yang dilakukan pembina pengembangan diri melalui Rohani Islam (ROHIS) dalam meningkatkan sikap keberagamaan siswa di SMK Salatiga yang diwakili oleh SMK Negeri 01, SMK Negeri 02, SMK Pelita dan SMK Islam Sudirman Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Sumber data yang diperoleh yaitu sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data melalui teknik observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya dengan cara mereduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Permasalahan yang dibahas  meliputi berbagai bentuk pengembangan diri melalui ROHIS, dinamika aktivitas dan peran pembina serta hubungan sosiologis pengaruh pembina pengembangan diri melalui ROHIS terhadap peningkatan sikap keberagamaan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembina pengembangan diri melalui ROHIS mempunyai peranan yang sangat besar dalam peningkatan sikap keberagamaan siswa di SMK Salatiga yaitu sebagai motivator, creator dan inovator, integrator, serta sublimator.

Keywords


peran pembina, pengembangan diri; rohani islam; sikap keberagamaan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, T & Karim. (1991) Metodologi Penelitian Agama, Sebuah Pengantar. Yogyakarta: Tiara Wacana.

Alim, M. (2006). Pendidikan Agama Islam; Upaya Pembentukan Pemikiran dan Kepribadian Muslim. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Baidhawy, Z. (2011) Studi Islam Pendekatan dan Metode. Yogyakarta: PT. Bintang Pustaka Abadi (BiPA)

Fidiyanti, A. (2009) Peran Sie Kerohanian Islam Dalam Upaya Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Siswa di SMA N1 Sidoarjo. (Unpublished master’s thesis) UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia.

Koesmarwanti, W.N. (2000). Dakwah Sekolah di Era BarU. Solo: Era Inter Media.

Mader, I.K., Yudana, I.M., & Sunu, I.G.K.A. (2013). Studi Evaluasi Efektivitas Program Pengembangan Diri di SMA PGRI 2 Denpasar. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia, 4(1), 1-12.

Mar’at. (2004) Sikap Manusia Perubahan Serta Pengukurannya. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ristiya, I. (2006). Kerjasama Organisasi Kerohanian Islam Dengan Alumni Dalam Membentuk Perilaku Keagamaan Siswa Di SMA Negeri 3 Yogyakarta). (Unpublished master’s thesis) UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta, Indonesia.

Sahlan, A. 2010. Mewujudkan Budaya Religius di Sekolah (Upaya Pengembangan PAI dari Teori ke Aksi). (Unpublished master’s thesis) UIN Maulana Malik Ibrahim, Malang, Indonesia.

Margono, S. (2005). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v1i2.122-132

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mushbihah Rodhiyatun

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License