Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama terhadap Percaya Diri Peserta Didik Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gubug

Aulia Muthia Khansa, Tri Suyati, Ismah Ismah

Abstract


Latarbelakang penelitian ini adalah banyaknya peserta didik yang mempunyai kebiasaan sikap kurang percaya diri. Hasil data AKPD menunjukkan siswa di SMAN 1 Gubug takut menjawab, enggan memberikan pendapat, dan merasa minder tampil di depan kelas. Tujuan dari penelitian ini untuk membuktikan pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama terhadap sikap percaya diri peserta didik kelas XII MIPA SMAN 1 Gubug. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan model pretest post-test control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Gubug dengan jumlah 245 peserta didik. Sampel sebanyak 36 peserta didik diperoleh dengan teknik cluster random sampling. Berdasarkan analisis data penelitian uji hipotesis thitung = 4,217 > ttabel = 1,734. Hal tersebut menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama berpengaruh terhadap rasa percaya diri peserta didik.

Keywords


Sosiodrama; percaya diri; bimbingan kelompok

Full Text:

PDF

References


Aristiani, R. (2016). Meningkatkan Percaya Diri Siswa melalui Layanan Informasi Berbantu Audiovisual. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 2(2), 182-189.

Azizah N. (2015). Peningkatan Kualitas Pembelajaran PKn melalui Metode Sosiodrama Berbantu Media Boneka Tangan pada Siswa kelas IV A SDN Tambakaji 03 Kota Semarang (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).

Bachtiar, A. (2019). Tampil Beda dan Percaya Diri Itu Ada Seninya. Yogyakarta: Araska.

Dewi, D.M., Supriyo, Suharso. (2013). Kepercayaan Diri Ditinjau dari Pola Asuh Orangtua pada Siswa Kelas VII (Studi Kasus). IJGC, 2(4), 9-16.

Donni, J. (2017). Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.

Erawan, D.G.B. (2014). Penggunaan Metode Sosiodrama untuk Meningkatkan Kemampuan Berwawancara dengan Berbagai Kalangan pada Siswa Kelas VIII SMP Mutiara Singaraja. Jurnal Santiaji Pendidikan, 4(1), 1-13.

Erlangga, E. (2018). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149-156. https://doi.org/10.15575/psy.v4i1.1332.

Folastri & Rangka. (2016). Prosedur Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok (Panduan Praktis dan Menyeluruh). Bandung: Mujahid Press.

Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Tegal: PT Refika Aditama.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan LPPM UM Metro, 1(1), 100-111.

Prayitno & Erman. (2008). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Primastuti & Hapsari. (2014). Kepercayaan Diri Mahasiswi Papua Ditinjau Dari Dukungan Teman Sebaya. Jurnal Psikodimensia, 13(1), 60-72.

Purwanti, L. N. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Jakarta: Erlangga.

Puspitarini, E & Faturachman. (2017). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Menggunakan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Sosiodrama Peserta Didik SMA N 4 Palangkaraya. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 3(1), 5-7.

Romlah, T. (2001). Teori dan Praktek Bimbingan Kelompok. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Setianingsih, E.S., Sutoyo, A., Purwanto, E. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Teknik Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterbukaan Diri Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), 76-82.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syahrul, M. (2015). Peningkatkan Penyesuaian Diri Siswa terhadap Lingkungan Sekolah melalui Layanan Bimbingan Kelompok di MTs. Darussalam Anrong Appaka. Journal of Educational Science and Technology (Est), 1(2), 46-60.

Wahyuni, S. (2014). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Psikologi. E-Journal Psikologi, 2(1), 50-64.

Widiawati, G.A.K.H., Suarni, N.K., Ujianti, P.R. (2017). Pengaruh Metode Sosiodrama Bermuatan Cerita Rakyat Terhadap Kemampuan Berbicara Pada Anak. E-Journal PAUD Undhiksa, 5(3), 252-262.

Winkel. (2006). Bimbingan Dan Konseling Di Instuti Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v1i2.81-99

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Aulia Muthia Khansa, Tri Suyati, Ismah Ismah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License