Sinergitas Kegiatan Keagamaan dan Layanan Bimbingan Konseling dalam Mengembangkan Altruisme

Eni Nurhayati, Muhamad Rozikan

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan yaitu: (1) mengetahui kegiatan keagamaan di SMP N 2 Suruh (2) mengetahui layanan bimbingan konseling di SMP N 2 Suruh (3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam pengembangan altruisme di SMP N 2 Suruh. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang diperoleh berasal dari observasi dan wawancara mengenai kegiatan keagamaan, layanan bimbingan konseling dan faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan altruisme di SMP N 2 Suruh. Pada penelitian ini, informasi diperoleh dari guru keagamaan, guru bimbingan konseling, dan siswa di SMP N 2 Suruh. Informan yang terlibat dalam penelitian ini berjumlah 4 orang yang terdiri dari satu guru keagamaan, satu guru bimbingan konseling, dan dua siswa SMP N 2 Suruh. Hasil
penelitian ini menunjukan bahwa kegiatan keagamaan dan layanan bimbingan konseling yang digunakan yaitu dengan mensosialisaikan, pendekatan, kebersamaan, keteladanan dalam melaksanakan ibadah, menerapkan nilai-nilai keagamaan, dan menajalankan kegiatan keislaman. Faktor pendukung dalam mengembangkan altruisme di SMP N 2 Suruh yaitu kondisi latar belakang agama, keadaan siswa, dan guru, kondisi sekitar sekolah, fasilitas sekolah, adapun faktor pengahambat dalam mengembangkan altruisme di SMP N 2 Suruh yaitu kesadaran
siswa, orangtua dan lingkungan sekitar

Keywords


sinergitas kegiatan keagamaan; layanan bimbingan konseling; altruisme

Full Text:

PDF

References


Amarendra, K., Mandhala, V.N., Damecharla, S., Gollapudi, P., & Ponuganti, P.K. (2019). Modern Era Hacking. International Journal of Scientific and Technology Research, 8(12), 920-922.

Chen, K. S. & Kok, J.K. (2017). Barriers to Seeking School Counselling: Malaysian Chinese School Students’ Perspectives. Journal of Psychologists and Counsellors in Schools, 27(2), 222-238. https://doi.org/10.1017/jgc.2015.21.

Fasching, H. (2014). Career Counselling at School for Placement in Sheltered Workshops?. British Journal of Learning Disabilities, 42(1), 40-57. https://doi.org/10.1111/bld.12009.

Gelaro, R., McCarty, R., Suárez, M.J., Todling, R., Molod, A., et al. (2017). The Modern Era Retrospective Analysis for Research and Applications, Version 2 (MERRA-2). Journal of Climate, 30(14), 5419-5454. https://doi.org/10.1175/JCLI-D-16-0758.1.

Heriyanto. (2018). Thematic Analysis Sebagai Metode Menganalisa Data Untuk Penelitian Kualitatif. ANUVA, 2(3), 317-324. https://doi.org/10.14710/anuva.2.3.317-324.

Gupta, K. C. (2003). Education News. IEEE Microwave Magazine, 4(2), 90–114. https://doi.org/10.1109/mmw.2003.1201601

Indah, Rizal, A.S., Suryana, T. (2015). Kegiatan Ekstrakurikuler Keagamaan Di Sekolah Dalam Menunjang Tercapainya Tujuan Pembelajaran PAI (Studi Deskriptif Analisis Di Smp Negeri 44 Bandung Tahun Ajaran 2014/2015). TARBAWY : Indonesian Journal of Islamic Education, 2(1), 82-91. https://doi.org/10.17509/t.v2i1.3439.

Melina, G. G., Grashinta, A., Vinaya. (2020). Resiliensi Dan Altruisme Pada Relawan Bencana Alam. Jurnal Psikologi Ulayat, 1(1), 17-24. https://doi.org/10.24854/jpu1.

Mesa, N. M. R., Aspin, Rudin, A. (2020). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Altruisme Siswa. Jurnal Ilmiah Bening : Belajar Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 35-44. https://doi.org/10.36709/bening.v4i1.10487.

Monika, G. T., Febrilia, R., Kumala, Y. F. (2019). Pekarangan: Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Keagamaan. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 1(1), 19-26. https://doi.org/10.23917/blbs.v1i1.9308.

Mulawarman, M., Susilawati, S., Syifa, L., & Rifani, E. (2020). Classroom Guidance Strategy with Flipped Method in Guidance and Counseling Services at Indonesia Schools in the Digital Era. Islamic Guidance and Counseling Journal, 3(2), 61-74. https://doi.org/10.25217/igcj.v3i2.646

Purwanto, Y., Qowaid, Ma’rifatanini, L., & Fauzi, R. (2019). Internalisasi Nilai Moderasi Melalui Pendidikan Agama Islam Di Internalizing Moderation Value Through Islamic Religious Education. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan

Keagamaan, 17(2), 110-124.

Putri, J. D. & Mardhiyah, S. A. (2018). Peran Religiusitas Terhadap Altruisme Relawan Walhi Sumsel. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 14(2), 185-199.

Putri, M. A., Neviyarni, N., Ahmad, R., & Syukur, Y. (2018). Guidance And Counseling In School Accountability. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(2), 108-117. https://doi.org/10.32505/enlighten.v1i2.731

Rani, Septiani, D., & Syaf, A. (2019). Empati Terhadap Perilaku Altruisme Pada Guru Anak Berkebutuhan Khusus. Psychopolytan : Jurnal Psikologi. 3(1), 49-56. https://doi.org/10.36341/psi.v3i1.1016.

Garcia, J. A. R. (2019). Islamic Religious Education and the Plan against Violent Radicalization in Spain. British Journal of Religious Education. 41(4), 412-421. https://doi.org/10.1080/01416200.2018.1484693.

Rosyadi, A. E. A., Rosyidah, I., & Nofalia, I. (2019). Empati Dengan Perilaku Altruisme Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling. 5(1). 21-28.

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Takalar: Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Shechtman, Z. (2014). Group Counseling in the School. Hellenic Journal of Psychology. 11(1), 169-183. https://doi.org/10.4135/9781452229683.n22.

Stafford, M. R, Cooper, M., Barkham, M., Beecham, J., Bower, P., Cromarty, K., et al. (2018). Effectiveness and Cost-Effectiveness of Humanistic Counselling in Schools for Young People with Emotional Distress (ETHOS): Study Protocol for a Randomised Controlled Trial. Trials. 19(175), 1-16. https://doi.org/10.1186/s13063018-2538-2.

Sugiyono. (2016). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharni. (2015). Westernisasi Sebagai Problema Pendidikan Era Modern. Jurnal ALIJTIMAIYYAH: Media Kajian Pengembangan Masyarakat Islam, 1(1), 73-88. https://doi.org/10.22373/al-ijtimaiyyah.v1i1.255.

Syukri, I. I. F., Rizal, S. S., & Al Hamdani, M. D. (2019). Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Kualitas Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam. 7(1), 17-34. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.358.

Tang, A. (2019). The Impact of School Counseling Supervision on Practicing School Counselors’ Self-Efficacy in Building a Comprehensive School Counseling Program. Professional

School Counseling. 23(1), 1-11. https://doi.org/10.1177/2156759x20947723.

Wahidmurni. (2017). Pemaparan Metode Penelitian Kualitatif. Disampaikan pada mata kuliah Metodologi Penelitian, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Semester Ganjil 2017/2018. (Tidak dipublikasikan). Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.




DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v1i2.68-80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eni Nurhayati, Muhamad Rozikan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License