Implikasi Filsafat Konstruktivisme dalam Bimbingan dan Konseling untuk Mengurangi Perilaku Membolos Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Creswell, J. W. (2015). Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Supardan, D. (2016). Teori dan Praktik Pendekatan Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Edunomic, 4 (1), 1-12.
Damayanti, F. A, & Setiawati, D. (2013). Studi Tentang Perilaku Membolos Pada Siswa SMA Swasta Di Surabaya. Jurnal BK UNESA, 3 (1), 454-461.
Glassersfeld, V. (1989). Cognition, Construction of Knowledge and Teaching. Synthese, 80 (1), 121-140.
Hanbury, L. (1996). Constructivism: So What? In J Wakefield and L. Velardi (Eds), Celeberating Mathematics Learning. Melbourne: The Mathematical Association Victoria
Mc. Leod, J. (2010). Pengantar Konseling Teori dan Studi Kasus. Jakarta: Kencaba Prenada Media Group.
Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Refika Aditama.
Puaraka, P. P., Haksasi, B. S., & Leksono, T. (2020). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Membolos (Survey kelas X TKR di SMK PALAPA Semarang). Emphaty Cons: Journal of Guidance and Counseling, 2 (2), 21-29.
Slavin, R. E. (1994). Educational Psychology: Theori And Practice. Boston: Allyn and Bacon.
Nopiarni, R., Yandri, H., & Juliawati, D. (2020). Perilaku Membolos Siswa Sekolah Menengah Atas di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Bikotetik, 4 (1), 21 – 24.
Safitri, N., Neviyarni, S., & Irianto, A. (2014). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Mengurangi Perilaku Membolos Siswa. Konselor, 3 (4), 180-195.
Suparno. (2008). Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius.
Utami, I. G. A. L. P. (2016). Teori Konstruktivisme dan Teori Sosiokultural: Aplikasi dalam Pengajaran Bahasa Inggris. PRASI, 11 (1), 4-11.
Watson. (2014). Epistemologi Konstruktivisme Dan Pengaruhnya Terhadap Proses Belajarmengajar Di Perguruan Tinggi. Jurnal Suhuf, (26) 2, 121-130.
Wazis, K. (2017). Komunikasi Transbudaya Pondok Pesantren: Kajian Teoretis Dalam Paradigma Konstruktivis. LUGAS: Jurnal Komunikasi, 1 (1), 84-96.
DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v1i1.40-52
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Azmatul Khairiah Sari
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License