Perbedaan Tingkat Penyesuaian Diri Mahasantri Pondok Pesantren dan Sekolah Umum (Studi Komparasi di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup)

Afrika Yunani, Hartini Hartini

Abstract


Penyesuaian diri adalah suatu reaksi terhadap tuntutan-tuntutan terhadap dirinya yang berupa tuntutan internal dan eksternal di mana tempat ia tinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat penyesuaian diri mahasantri pondok pesantren dan sekolah umum di Ma’had Al-Jami’ah IAIN Curup serta perbedaan diantara keduanya. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan komparasi, dengan populasi sebanyak 520 orang mahasantri, dari populasi diperoleh 130 sampel, 41 mahasantri pondok pesantren dan 89 mahasantri sekolah umum. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket atau skala penyesuaian diri. Data hasil penelitian ini diperoleh dengan bantuan SPSS Statistics Version 17.0. Kemudian analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Analisis Varians atau Uji Anova satu jalur (One Way Anova). Hasil penelitian ditemukan bahwa penyesuaian diri mahasantri pondok pesantren dikategorikan baik dengan persentase yaitu 36,58% dan penyesuaian diri mahasantri sekolah umum dikategorikan baik dengan persentase 37,07%. Kemudian diperoleh nilai signifikansi dari uji anova satu jalur yaitu 0,775 ≥ 0,05. Maka hipotesis H0 diterima dan Ha ditolak, yang artinya menyatakan tidak terdapat perbedaan yang signifikan hasil penyesuaian diri mahasantri pondok pesantren dengan sekolah umum atau tingkat penyesuaian diri mahasantri pondok pesantren dan sekolah umum sama.

Keywords


Perbedaan tingkat penyesuaian diri; pondok pesantren; sekolah umum

Full Text:

PDF

References


Anisa, R. N. (2017). Meningkatkan Penyesuaian Diri Disekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Kelas XI SMA N 1 Abung Semuli Tahun Pelajaran 2016/2017”. (Skripsi). Universitas Lampung, Bandar Lampung, Indonesia.

Arifin, M., Dardiri, A., & Handayani, A. N. (2016). Hubungan Kemampuan Penyesuaian Diri dan Pola Berpikir Dengan Kemandirian Belajar Serta Dampaknya Pada Prestasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Pendidikan, 1(10), 1943-1951.

Fahmi, M. (1982). Penyesuaian Diri Pengertian dan Perananya Dalam Kesehatan Mental. Jakarta: Bulan Bintang.

Hasbullah. (2015). Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Hidayat, D. A. J. (2009) Perbedaan Penyesuaian Diri Santri Di Pondok Pesantren Tradisional Dan Modern. (Skripsi), Universitas Muhammadiyah Surakarta, Surakarta, Indonesia.

Iflah, Listyasari. W. D. (2013). Gambaran Penyesuaian Diri Mahasiswa Baru. Jurnal Penelitian dan Pengukuran Psikologi, 2(1), 33-36. http://doi.org/10.21009/JPPP.

Muna, N. R. (2012). Pola-pola Penyesuaian Diri Mahasiswa Di Lingkungan Kampus. Jurnal Edueksos, 1(2), 17-32.

Oki, T.H. & Bashori, K. (2013). Hubungan Antara Penyesuaian Diri dan Dukungan Sosial Terhadap Stres Lingkungan Pada Santri Baru. Jurnal Fakultas Psikologi. 1(2), 79-89.

Pritaningrum, M. & Hendriani, W. (2013). Penyesuaian Diri Remaja Yang Tinggal Di Pondok Pesantren Modern Nurul Izzah Gresik Pada Tahun Pertama. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial, 2(3), 134-143.

Putri, D. C. & Laksmiwati, H. (2013). Perebedaan Penyesuaian Diri Siswa Ditinjau Dari Kematangan Emosi dan Tipe Kelas Pada Man 1 Model Bojonegoro. Jurnal Fakultas Psikologi, 1(3), 1-8.

Sandha, T., Hartati, S., Fauziah, N. (2012). Hubungan Antara Self Estemm Dengan Penyesuain Diri Pada Siswa Tahun Pertama SMA Krista Mitra Semarang. Jurnal Psikologi, 1(1), 47-82.

Sudijono, A. (2015). Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kemensekneg RI.

Wijaya, I. P. & Pratitis, N. T. (2012). Efikasi Diri Akademik, Dukungan Sosial Orang tua dan Penyesuaian Diri Mahasiswa Dalam Perkuliahan, Jurnal Persona,1(1), 40-52.




DOI: https://doi.org/10.18326/pamomong.v1i1.29-39

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Afrika Yunani Hartini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

 

Lisensi Creative Commons

Pamomong: Journal of Islamic Educational Counseling  is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License