ANALISIS GAYA HIDUP, KEMUDAHAN DAN RELIGIUSITAS TERHADAP PENGGUNAAN SHOPEE PAYLATER

Mastra Hegi Carnado, Dini Rahmayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh variabel gaya hidup (X1), kemudahan (X2) dan religiusitas(X3) terhadap kepuasan penggunaan shopee paylater (Y) dengan hedonic shopping sebagai variabel moderasi (Z). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan mengkaji hasil data kuesioner responden sebanyak 210 responden dan dilaksanakan pada bulan desember 2023, populasi data tak terhingga yang menggunakan teknik purposive sampling diolah denga SPSS. Hasil penelitian ini menunjukkan gaya hidup berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan Shopee PayLater, kemudahan berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan Shopee PayLater, hedonic shopping berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan Shopee PayLater, hedonic shopping memoderasi gaya hidup terhadap penggunaan Shopee PayLater, hedonic shopping tidak dapat memoderasi kemudahan terhadap penggunaan Shopee PayLater, hedonic shopping tidak dapat memoderasi kemudahan terhadap penggunaan Shopee PayLater, dan hedonic shopping tidak dapat memoderasi religiusitas terhadap penggunaan Shopee PayLater.


Full Text:

PDF

References


Asja, H. J., Susanti, S., & Fauzi, A. (2021). Pengaruh Manfaat, Kemudahan, dan Pendapatan terhadap Minat Menggunakan Paylater: Studi Kasus Masyarakat di DKI Jakarta. Jurnal Akuntansi, Keuangan, Dan Manajemen, 2(4), 309–325. https://doi.org/10.35912/jakman.v2i4.495

Asning Kosyu Kadarisman Hidayat Yusri Abdillah, D. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying (Survei pada Pelanggan Outlet Stradivarius di Galaxy Mall Surabaya). In Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol (Vol. 14, Issue 2).

Sahir, S. H., Ramadhani, A., Dewi, E., Tarigan, S., (2016). Pengaruh Gaya Hidup, Label Halal Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Wardah Pada Mahasiswa Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Medan Area Medan. www.pom.go.id

Davis, F. D. (1989). Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of information technology. MIS Quarterly: Management Information Systems, 13(3), 319–339. https://doi.org/10.2307/249008

Fitri, N. A., & Hisbullah Basri, (2021). Pengaruh Gaya Hidup Terhadap Perilaku Konsumen Pada Generasi Milenial Di Era Pandemi Covid-19 Dengan Pengetahuan Ekonomi Sebagai Variabel Moderasi. Journal Ekombis Review, 9(2), 183–192. https://doi.org/10.37676/ekombis.v9i2.1329

Farrag, D. A., & Hassan, M. (2015). The infuence of religiosity on egyptian muslim youths’ attitude towards fashion. Journal of Islamic Marketing, 6(1), 95–108. https://doi.org/10.1108/JIMA-04-2014-0030

Hariandy Wangean, R., & Mandey, S. L. (2014). Analisis Citra Merek, Kualitas Produk Dan Harga Pengaruhnya Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Mobil All New Kia Rio Di Kota Manado. Analisis Citra Merek « 1715 Jurnal EMBA, 2(3), 1715–1725.

Johnson, B. R., Jang, S. J., Larson, D. B., & De Li, S. (2001). Does adolescent religious commitment matter? A reexamination of the effects of religiosity on delinquency. Journal of Research in Crime and Delinquency, 38(1), 22–44. https://doi.org/10.1177/0022427801038001002

Kaharu, D., Id, A. C., & Budiarti, A. (2016). Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Krempel, E., & Beyerer, J. (2014). TAM-VS: A technology acceptance model for video surveillance. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 8450 LNCS, 86–100. https://doi.org/10.1007/978-3-319- 06749-0_6

Nugeraha Utama, D. (2006). E-Commerce Sebagai Sebuah Sistem Sosial. https://www.researchgate.net/publication/304350373

Scarpi, D. (2006). Fashion stores between fun and usefulness. Journal of Fashion Marketing and Management: An International Journal, 10(1), 7–24. https://doi.org/10.1108/13612020610651097

Syafri, H., Besra, E., Manajemen, M., Ekonomi, F., & Andalas, U. (2021). Pengaruh Hedonic Shopping Motivation, Store Atmosphere Dan Sales Promotion Terhadap Impulse Buying (Survey: Pada Konsumen Kosmetik Transmart Kota Padang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen Accredited SINTA, 4(4). http:jim.unsyiah.ac.id/ekm

Wahyuni, D. F., & Rachmawati, I. (2018). Hedonic Shopping Motivation Terhadap Impulse Buying. Jurnal Riset Bisnis Dan Manajemen, 11(2), 9. https://doi.org/10.23969/jrbm.v11i2.701

Yani, E., Fitria Lestari, A., Amalia, H., Puspita, A., Nusa, S., & Jakarta, M. (2018). Pengaruh Internet Banking Terhadap Minat Nasabah Dalam Bertransaksi Dengan Technology Acceptance Model. JURNAL INFORMATIKA, 5(1), 34–42.




DOI: https://doi.org/10.18326/jiem.v3i2.114-126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


______________________________________________________________________________________________

                                         

Creative Commons License

JIEM, Journal of Islamic Enterpreneurship and Management  by http://e-journal.iainsalatiga.ac.id/index.php/jiem is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

JIEM Journal of Islamic Enterpreneurship and Management UIN SALATIGA e-ISSN: 2808-8255