Analysis of profitability and cost efficiency on Islamic social reporting with company size as a moderating variable

vina dwiningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengaruh Profitabilitas dan Efisiensi Biaya terhadap Islamic Social Reporting dengan Ukuran Perusahaan sebagai Variabel Moderasi pada Bank Umum Syariah Tahun 2016-2020. Pada riset ini populasinya yaitu Bank Umum Syariah sebanyak 14 Bank yang terdapat di Indonesia.Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada riset ini menggunakan Purposive Sampling sehingga diperoleh sampel sebanyak 13 Bank Umum Syariah periode 2016-2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA) dan menggunakan data sekunder berbentuk data panel. Data pada penelitian ini bersumber dari laporan tahunan bank umum syariah yang termasuk sampel kemudian data tersebut diolah menggunakan alat bantu aplikasi Eviews 9. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil yaitu secara parsial variabel Profitabilitas dan Efisiensi biaya memiliki pengaruh yang negatif signifikan terhadap Islamic Social Reporting (ISR), kemudian variabel  Ukuran Perusahaan mampu memoderasi memperkuat hubungan antara Profitabilitas dan Efisiensi Biaya terhadap Islamic Social Reporting (ISR).

Full Text:

PDF

References


A, Jusuf, A. (2008). Sistem Informasi akuntansi. Salemba Empat.

Affandi, H., & Nursita, M. (2019). Profitabilitas, Likuiditas, Leverage, dan Ukuran Perusahaan: Sebuah Analisis Islamic Social Reporting (ISR) pada Perusahaan yang Terdaftar di JII. Majalah Ilmiah Bijak, 16(1), 1–11. https://doi.org/10.31334/bijak.v16i1.318

Agustin, rosiana sukma. (2017). Menilik Pengungkapan ISR pada Bank Syariah di Indonesia dengan Malaysia. Depokpos. https://doi.org/https://www.depokpos.com/2017/06/menilik-pengungkapan-isr-pada-bank-syariah-di-indonesia-dengan-malaysia/

Arianugrahini, I., & Firmansyah, E. A. (2020). Determinan Pengungkapan Islamic Social Reporting (ISR) pada Perbankan Syariah di Indonesia (Determinants of Islamic Social Reporting (ISR) Disclosure at Islamic Commercial Banks in Indonesia). Perisai : Islamic Banking and Finance Journal, 4(2), 1–11. https://journal.umsida.ac.id/index.php/perisai/article/view/841

Astuti, Y. T., & Binawati, E. (2017). Pengaruh Profitabilitas, Komisaris Independen, Umur Perusahaan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting pada perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Indeks (JII) Periode Tahun 2013-2017. Optimal, 17(1), 149–200.

Haniffa, R. (2002). Social Reporting Disclosure : an Islamic Perspective. Indonesian Management & Accounting Research, 1(2), 128–146.

Kasmir. (2017). Analisis Laporan Keuangan (1st ed.). rajawali pers.

Lasa, H., & Uminurida, S. (2017). Kamus Kepustakawanan Indonesia (4th ed.). calpulis.

Mandaika, Y., & Salim, H. (2015). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Kinerja Keuangan, Tipe Industri, Dan Financial Leverage Terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility: Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2011-2013. Jurnal Akuntansi, 8(2), 181–201. https://doi.org/10.25170/jara.v8i2.18

Othman, R., Thani, A. M., & Ghani, E. K. (2009). Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shari ’ a-Approved Companies in Bursa Determinants of Islamic Social Reporting Among Top Shariah -Approved Companies in Bursa Malaysia. 12(october), 4–20.

Prasetyoningrum, A. K. (2019). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage, Efisiensi Biaya, Dan Umur Perusahaan Terhadap Islamic Social Reporting (ISR) Pada Perbankan Syariah Di Indonesia. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 2(2), 147. https://doi.org/10.21043/malia.v2i2.4780

Rahayu, T. P., & Budi S., A. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pengungkapan Islamic Social Reporting pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Periode 2010-2013. E-Journal Ekonomi Bisnis Dan Akuntansi, 5(2), 109. https://doi.org/10.19184/ejeba.v5i2.8644

Ratmono, D., & Sagal, W. M. (2015). Pengungkapan Corporate Social Responsibility Sebagai Sarana Legitimasi: Dampaknya Terhadap Tingkat Agresivitas Pajak. JURNAL NOMINAL, 4(2), 16–30.

Rozzi, M. F., & Bahjatullah, Q. M. (2020). Analisis Determinan Pelaporan Islamic Social Reporting (ISR) Pada Bank Umum Syariah Indonesia Tahun 2015-2019. MALIA: Journal of Islamic Banking and Finance, 4(2), 92. https://doi.org/10.21043/malia.v4i2.9006

Sabrina, N., & Betri. (2018). Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Pengungkapan Islamic Social Reporting Dengan Ukuran Perusahaan Sebagai Variabel Moderasi. Balance: Jurnal Akuntansi Dan Bisnis, 3(1), 324–333.

Yudiana, F. E. (2013). Dasar-dasar Manajemen Keuangan. penerbit ombak.




DOI: https://doi.org/10.18326/iaj.v2i2.60-71

Refbacks

  • There are currently no refbacks.