The effect of e-commerce on entrepreneurial decision making using an android application-based accounting information system as a moderating variable

Refangga Aditya, Dea Febriyanti

Abstract


This study aims to analyze and provide empirical evidence of the effect of e-commerce and accounting systems as moderating variables on entrepreneurial decision-making. The method used in this research is a quantitative method, with classical assumption test techniques, multiple linear regression analysis, descriptive analysis, and hypothesis testing, using SPSS version 25 software. Data were collected by distributing questionnaires using random sampling techniques distributed to 40 respondents or students. The results of the study based on the Moderated Regression Analysis (MRA) show that the presence of a moderating variable, namely the variable use of the Accounting Information System based on the android application, will be able to strengthen or increase the influence of the E-Commerce variable on the variables of Entrepreneurial Decision Making in IAIN Salatiga students.


Full Text:

PDF

References


Anugrah, I. M. A., & Prianthara, I. B. T. (2018). Pengaruh Bisnis E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Berbasis Teknologi Terhadap Kebutuhan Jasa Audit E-Commerce. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis

Dewi, N., Rupa, I. W., & ... (2020). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi Pada Bank Perkreditan Rakyat (BPR) DPK Perbarindo Bali Timur. Jurnal Riset Akuntansi

Hakim, F. N., & Z, A. S. (2016). Keputusan Untuk Berwirausaha.

Hendrawan, J. S., & Sirine, H. (2017). Pengaruh sikap mandiri, motivasi, pengetahuan kewirausahaan terhadap minat berwirausaha (Studi kasus pada mahasiswa FEB UKSW Konsentrasi Kewirausahaan. Asian Journal of Innovation and Enterprenuership

Margareta, I. P., & Setiawati, M. E. (2019). Pengaruh E-Commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi dalam Pengambilan Keputusan untuk Berwirausaha (Studi Kasus pada Perguruan Tinggi …. Eprints.Ums.Ac.Id.

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis.

Pradana, M. (2017). Klasifikasi bisnis e-commerce di Indonesia. ojs.uajy.ac.id.

Pramiswari, D. A. A. dan I. B. D. (2017). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Dalam Pengambilan Keputusan Untuk Berwirausaha. E-Jurnal Akuntansi, 2017(1), 261–289.

Ratnaningsih, K., & Suaryana, I. (2014). Pengaruh Kecanggihan Teknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, Dan Pengetahuan Manajer Akuntansi Pada Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 6(1), 1–16. https://ocs.unud.ac.id/index.php/Akuntansi/article/view/7775

Sihombing, M. J. dan H. S. (2021). BERWIRAUSAHA Michael Jonatan Sihombing dan Hari Sulistyo Diterima : Abstrak Direvisi : Disetujui : Pengaruh e-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi 2021 terhadap Pengambilan Keputusan Berwirausaha Pendahuluan Michael Jonatan Sihombing dan Har. 1(April), 309–321.

Trihudiyatmanto, M. (2019). Membangun Minat Berwirausaha Mahasiswa Dengan Pengaruh Faktor E-Commerce, Pengetahuan Kewirausahaan dan Gender. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 6(2), 93–103. https://doi.org/10.32699/ppkm.v6i2.678

Ukkas, M. I. (2017). Implementasi skala likert pada metode perbandingan eksponensial untuk menentukan pilihan asuransi. SESINDO 9.

Wahyuni, E. T., & Diana, N. (2020). E-Commerce Dan Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Faktor Pendorong Pengambilan Keputusan Mahasiswa Akuntansi Untuk Berwirausaha. E-Jra, 09(03), 93–115.

Wulandari, Maslichah, & Sudaryanti, D. (2020). Pengaruh E-commerce dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan dalam Berwirausaha di Sanggam Mart Kabupaten Balangan. E-Jra, 09(02), 47–57.

Wulandari, W., Maslichah, M., & ... (2020). Pengaruh E-Commerce Dan Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi Pada Pengambilan Keputusan Dalam Berwirausaha Di Sanggam. Jurnal Ilmiah Riset Akuntansi.

Yadewani, D., & Wijaya, R. (2017). Pengaruh e-Commerce Terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 1(1), 64. https://doi.org/10.29207/resti.v1i1.6

Ratnaningsih & Suaryana, 2014. Pengaruh Kecanggihan Tehknologi Informasi, Partisipasi Manajemen, dan Pengetahuan Manajer Akuntansi pada Efektivitas Sistem Informasi Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi UNiversitas Udayana 6.1 (2014) 1-16.




DOI: https://doi.org/10.18326/iaj.v1i1.12-24

Refbacks

  • There are currently no refbacks.