Understanding of Accounting, Student Activeness, Learning Behavior and Department Background, On Ability to Prepare Financial Reports

Nur Inayah, Kintan Eryka Fitri, Sartono Sartono

Abstract


The purpose of this study is to determine the understanding of accounting, student activity, background majors, and learning behavior towards the ability to compile financial reports for student. This study used a quantitative descriptive analysis method with a research instrument in the form of a questionnaire distributed onlie with the help of google form. The sample used in this study was 75 students majoring in Islamic accounting class 2018 IAIN Salatiga. Data analysis using Multiple Linear Regression analysis. The results showed that accounting understanding and learning behavior had a significant effect on the ability to compile financial reports, while student activeness and background majors had no significant effect on the ability to compile financial reports.

Keywords: accounting understanding,, student activeness, department background, learning behavior, financial reports.

Keywords: accounting understanding,, student activeness, department background, learning behavior, financial reports.


Full Text:

PDF

References


Achmad, A. H., Dinar, M., & Bernard. (2020). Pengaruh Keaktifan Belajar , Kemandirian Dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas Ix Smp. Issues In Mathematics Education, 4(1), 11–17.

Aristianti, L., & Listiadi, A. (2019). Belajar Sebagai Variabel Moderating Pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 07(03), 249–300.

Dewanti, P. W. (2016). Analisis Kesiapan Sertifikasi Kompetensi Pada Sub Kompetensi Kemampuan Menyusun Laporan Keuangan Sesuai Dengan Standar Akuntansi Keuangan ( Sak ) Bagi Mahasiswa Prodi Akuntansi D3 Fakultas Ekonomi ( Fe ) Uny Berdasarkan Sertifikasi Keahlian Akuntansi Dasa. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Xiv(2), 117–126.

Erliyana, S., Azizah, I. S., Kusumawati, E. D., Bumi, P., & Semarang, A. (2020). Pengaruh Keaktifan Taruna Di Kelas Terhadap Nilai Mata Kuliah Dasar- Dasar Akuntansi. Majalah Ilmiah Bahari Jogja (Mibj), 18(2), 1–7.

Hariyoga, S. (2011). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Perilaku Belajar, Dan Budaya Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Dengan Kepercayaan Diri Sebagai Variabel Pemoderasi. Simposiumm Nasional Akuntansi Xiv, 21–22.

Junira, S., Gusnardi, & Hendripides. (2017). Analisis Perbedaan Pemahaman Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Antara Lulusan Ips Dan Non-Ips Terhadap Konsep Dasar Akuntansi Di Universitas Riau. Universitas Riau, 2, 1–7.

Jusvitasari, Y., Ruslan, M., & Mariantha, I. N. (2020). Economics Bosowa Journal Edisi Xxxiv April S/D Juni 2020. Economics Bosowa Journal, 6(002), 133–146.

Kusumaningtyas, D. (2016). Religiusitas Pada Motivasi Dan Etika Profesi Akuntan Dalam Prespektif Islam. Cendekia Akuntansi, 4(3), 116–126.

Laili, N. Fadilatul. (2020). Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi , Matematika Ekonomi Dan Minat Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas Negeri Surabaya Pengaruh Hasil Belajar Pengantar Akuntansi , Matematika Ekonomi Dan Pendidika. Jurnal Pendidikan Akuntansi, 8(01), 533–539.

Lestari, W. S., & Priyadi, M. P. (2017). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Berbasis Sak-Etap Pada Umkm. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 6(10), 1–20.

Naukoko, P. A. (2017). Profesi Akuntan Di Era Masyarakat Ekonomi Asean. Journal Of Asean Studies On Maritime Issues, 3(4), 42–51.

Novius, A. (2010). Dalam Menghadapi Mata Kuliah Dasar-Dasar Akuntansi ( Studi Pada Mahasiswa Akuntansi-S1 Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau ). Fokus Ekonomi, 5(2), 44–60.

Nugraha, A. P. (2013). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Dan Perilaku Belajar Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi (Pp. 1–122).

Perhaini. (2017). Pengaruh Asal Sekolah Dan Jurusan Terhadap Hasil Belajar Pengantar Dasar Matematika Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Uin Mataram Parhaini. Hikmah, Xiii(2), 177–198.

Pramesti, N. M., & Ratnadi, N. M. (2019). Pengaruh Kecerdasan Emosional, Gaya Belajar Visual, Gaya Belajar Auditorial Dan Kinestetik Pada Tingkat Pemahaman Akuntansi. E-Jurnal Akuntansi, 30(1), 130–146.

Prastiti, S. D., & Pujiningsih, S. (2009). Pengaruh Faktor Preferensi Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Akuntansi. Jurnal Ekonomi Bisnis, 14(3), 224–231.

Purwaningsih, S. (2018). Belajar Siswa Dalam Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Materi Turunan Fungsi Pada Siswa Kelas Xi Is 2 Sma N 15 Semarang. Jurnal Karya Pendidikan Matematika, 5(2), 63–67.

Ramlah, Firmansyah, D., & Zubair, H. (2014). Pengaruh Gaya Belajar Dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika ( Survey Pada Smp Negeri Di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Jurnal Ilmiah Solusi, 1(3), 68–75.

Shaufani, M. I. (2017). Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Mata Kuliah Pengantar Akuntansi Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan Dan Gender (Studi Empiris Pada Mahasiswa Program Studi Akuntansi Universitas Islam Kuantan Singingi). Universitas Islam Kuantan Singingi, 189–200.

Susbiyani, A. (2018). Meningkatkan Kualitas Laporan Keuangan Melalui Kualitas Sumber Daya Manusia Dan Karakteristik Usaha (Studi Pada Umkm Kabupaten Jember). Prosiding 4th Seminar Nasional Dan Call For Papers Akultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Jember, 388–400. Http://Jurnal.Unmuhjember.Ac.Id/Index.Php/Peked/Article/View/1305

Taufiq, M. (2015). Pengaruh Pengetahuan Awal Akuntansi Dan Efikasi Diri Terhadap Tingkat Pemahaman Akuntansi Melalui Minat Belajar Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Universitas Pgri Adi Buana Surabaya. Jurnal Ekonomi Pendidikan Dan Kewirausahaan, 3(1), 181–196.

Wardani, D. K., & Andriyani, I. (2017). Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Keandalan Pelaporan Keuangan Pemerintahan Desa Di Kabupaten Klaten. Jurnal Akuntansi, 5(2), 88–98. Https://Doi.Org/10.24964/Ja.V5i2.270

Wardiningsih, R. (2020). Analisis Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi. Manazhim : Jurnal Manajemen Dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 143–156. Https://Doi.Org/10.36088/Manazhim.V2i2.852

Wati, E. L. (2020). Analisis Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi Terhadap Konsep Dasar Akuntansi Berdasarkan Asal Sekolah (Studi Kasus Mahasiswa Jurusan Akuntansi Dengan Akreditasi A Di Surabaya). Stie Perbanas Surabaya, 1–19.

Widyawati, S. (2016). Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika (Iaim Nu) Metro. Al-Jabar: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 107–114.

Wulandari, S. A., & Dewi, L. G. K. (2021). Minat, Perilaku Belajar Mahasiswa Dan Tingkat Pemahaman Akuntansi Pengantar Berdasarkan Latar Belakang Pendidikan. E-Jurnal Akuntansi, 3(1), 92–105.

Yousida, I., Kristanti, L., & Lestari, T. (2020). Analisis Pengaruh Pemahaman Akuntansi Dan Keaktifan Mahasiswa Terhadap Penyusunan Laporan Keuangan Sesuai Sak Kasus Pada Mahasiswa Jurusan Akuntansi Stie Pancasetia. Jurnal Ilmiah Ekonomi Bisnis, 6(2), 192–201.




DOI: https://doi.org/10.18326/iaj.v2i1.01-15

Refbacks

  • There are currently no refbacks.