Implementasi pendekatan problem posing untuk meningkatkan prestasi belajar Fisika dan keterampilan berpikir siswa

Erna Risfaula Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar dan thinking skill (kemampuan berpikir) siswa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing lebih tinggi daripada pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experimentation dengan rancangan randomized posttest control group design. Sampel penelitian terdiri atas siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 42 siswa sebagai kelas kontrol dan XI IPA 3 yang berjumlah 41 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran fisika dengan pendekatan problem posing dapat meningkatkan prestasi belajar dan thinking skill siswa. Prestasi belajar fisika dan kemampuan berpikir siswa dengan pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing lebih tinggi daripada siswa dengan pembelajaran konvensional menggunakan metode ceramah. Siswa kelas sampel dengan pembelajaran menggunakan pendekatan problem posing memiliki rata-rata prestasi belajar 87,4 dan presentase kemampuan berpikir 75% sedangkan siswa kelas sampel dengan pembelajaran konvensional menggunakan metose ceramah rata-rata prestasi belajar 76,3 dan persentase kemampuan berpikir 60%.

 

This study aims to determine whether students' learning and thinking skills (thinking ability) with learning use a problem posing approach higher than conventional learning using the lecture method. This study was a quasi-experimentation study with a randomized posttest control group design. The study sample consisted of students of class XI IPA 1, amounting to 42 students as the control class and XI IPA 3, amounting to 41 students as the experimental class. The results of this study prove that physics learning with a problem posing approach can improve student achievement and thinking skills. Physics learning achievement and students' thinking ability with learning use a problem posing approach higher than students with conventional learning using the lecture method. Sample class students with learning using the problem posing approach have an average learning achievement of 87.4 and a percentage of thinking skills of 75% while students in the sample class with conventional learning use lecture method average learning achievement 76.3 and the percentage of thinking ability 60%.

Keywords


pendekatan problem posing; pembelajaran konvensional; prestasi belajar fisika; kemampuan berpikir

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.18326/tarbiyah.v28i0.41-61

StatisticsArticle Statistic

This article has been read : 24 times | PDF file viewed : 4 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


----------------------------------------------------------

P-ISSN: 0215-9996

E-ISSN: 2655-4844


Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga

Technical Support: tarbiyah.ftik@gmail.com