Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for ATTARBIYAH?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

PEDOMAN PENULISAN ARTIKEL

Jurnal ini hanya memuat karya ilmiah hasil penelitian yang belum pernah dipublikasikan atau tidak sedang dalam proses penerbitan serta telah memenuhi ketentuan-ketentuan sebagaimana ditetapkan.

  • Judul diuraikan maksimal 15 kata
  • Di bawah judul disertakan ”Nama Penulis”, “Institusi Penulis” dan “alamatemailpenulis@mail.com”
  • Abstrak diuraikan secara ringkas, jelas, padat dan berisi, yang memuat poin-poin pokok seperti: tujuan penelitian, metode, serta ringkasan hasil penelitian. Abstrak dituangkan dalam 2 (dua) bahasa: Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris (paragraf terpisah). Abstrak Bahasa Indonesia dalam satu paragraf sebanyak 150-200 kata
  • Abstrak Bahasa Inggris diuraikan dalam satu paragraf terpisah (dari abstrak Bahasa Indonesia) sebanyak 150-200 kata 
  • Kata kunci (abstrak diberikan sebanyak minimal 3 kata kunci): kata kunci 1, kata kunci 2, kata kunci 3
  • Bagian inti artikel (di luar abstrak & daftar pustaka) ditulis dalam Bahasa Indonesia atau Inggris sebanyak 4.750-5.250 kata, ukuran kertas kuarto dengan spasi 1.5, font Times New Roman atau Goudy Old Style ukuran 12 point. Kutipan tulisan Arab diketik dengan font Arabic Transparent ukuran 18 point, adapun penulisan transliterasinya mengikuti standar library of conggres.
  • Kutipan ditulis dengan mengikuti standar APA (American Psychological Association), dalam hal ini model kutipan yang digunakan APA adalah bodynote. Daftar pustaka merupakan daftar kepustakaan dari kutipan yang dimunculkan sebelumnya pada bagian inti artikel. Daftar pustaka minimal sebanyak 5 (lima) referensi yang disusun secara alfabetis.
  • Artikel ditulis dengan sistematika yang meliputi: 1) pendahuluan; 2) metodologi; 3) pembahasan; 4) simpulan; dan 5) daftar pustaka.
  • Pendahuluan bersifat sebagai pengantar, mengantarkan pembaca untuk bisa memahami topik penelitian, konteks penelitian, permasalahan dan tujuan penelitian, kajian pada teori terkait, tinjauan riset sebelumnya, dsb. Dengan demikian pendahuluan sudah semestinya tidak diuraikan secara panjang lebar apalagi tidak terarah (relevan) dengan topik penelitian. Pendahuluan diperkirakan untuk bisa dijabarkan sebanyak maksimal sepertiga bagian saja dari total artikel.
  • Metodologi merupakan cara yang digunakan oleh peneliti dalam mengumpulkan data penelitian untuk menjawab permasalahan yang menjadi fokus penelitian. Oleh karenanya, metodologi harus dapat dipertanggungjawabkan dengan menerangkan secara rinci hal-hal terkait desain penelitian, konteks, prosedur intervensi dan analisis data. Metodologi yang potensial untuk bisa diangkat menjadi artikel pada jurnal ini meliputi metodologi penelitian kualitatif, kuantitatif, dan penelitian tindakan kelas.
  • Dalam pembahasan, temuan penelitian yang berupa data hasil penelitian selanjutnya dibahas atau dilakukan interpretasi kritis terhadap data tersebut dengan pendekatan teori tertentu yang relevan. Dalam pembahasan ini, data dapat didukung dengan keberadaan tabel, gambar, dsb.
  • Apabila menampilkan tabel dan gambar, keterangan tabel ditulis di atas tabel dengan penomoran yang urut sehingga dapat dengan mudah dirujuk meski tidak diletakkan di bawah kalimat/paragraf yang menerangkannya. Garis (border) untuk tabel dibuat minimalis dengan menghilangkan garis vertikal dan menyisakan garis horizontal yang dianggap perlu. Adapun gambar, keterangan untuk gambar diletakkan di bagian bawah, yaitu di bawah gambar, juga dengan penomoran yang urut. Dalam satu halaman maksimal memunculkan satu tabel atau satu gambar dengan ukuran maksimal dua pertiga halaman (diupayakan ukuran seefisien mungkin).
  • Simpulan bukanlah pengulangan dari temuan dan pembahasan yang telah dimunculkan pada bagian sebelumnya, melainkan menjabarkan mengenai implikasi temuan, kelemahan penelitian, kontribusi penelitian saat ini serta rekomendasi untuk penelitian mendatang.
  • Artikel yang sudah siap dapat dikirimkan melalui email redaksi ataupun diunggah online melalui OJS dengan format file: rtf. Penulis yang artikelnya dimuat akan segera (setelah terbit) mendapatkan email pemberitahuan dari editor dengan lampiran berupa file pdf (bebas biaya) dari artikel yang diterbitkan.

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  2. The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, RTF, or WordPerfect document file format.
  3. Where available, URLs for the references have been provided.
  4. The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  5. The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines, which is found in About the Journal.
  6. If submitting to a peer-reviewed section of the journal, the instructions in Ensuring a Blind Review have been followed.
 

Copyright Notice

Creative Commons License
Attarbiyah by www.attarbiyah.iainsalatiga.ac.id is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

Privacy Statement

The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party.